728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 27 November 2013

Sejarah Akan Selalu Berulang

Ilustrasi (foto net)

Oleh: Ust. Adi Andriana, Lc

Betapa sama kejadian di hari kemarin dengan apa yang sedang berlangsung saat ini, hanya dari segi nama, tempat dan tahun yang ada perbedaan, tapi dari sisi esensi tetap tidak berubah.

Itu sepertinya yang membuat Ibnu Khaldun berkesimpulan bahwa ‘’sejarah akan selalu berulang”, banyak kejadian dalam sejarah yang terjadi saat ini, berubah hanya dari segi nama dan tempat kejadian, tapi esensi tetap sama.

Esensi itu sering kita sebut dengan Sunatullah, dan Sunatulah tidak akan berubah, sebab Sang Pencipta menghendaki seperti itu, agar dijadikan sebagai satu dari sekian referensi dalam melangkah dan meretas masa depan.

Kata Sunatulah sering disebut dalam Al-Quran, dan diperjelas dalam bentuk kisah dan sejarah, oleh karena itu kisah yang dicatat di dalam Al-Quran akan selalu terulang di masa berikutnya.

Itu juga yang menjadi alasan kenapa tidak seringkali Al-Quran menyebut nama dan tempat ketika berkisah, hanya alur, sebab dan apa akibat dari sebab itu, karena nama dan tempat bukanlah esensi dari sebuah kisah.

Pemikiran yang terfokus kepada esensi itu adalah satu dari sekian ‘mizah’ dan keistimewaan yang dimiliki umat Islam, lalu bangsa lain belajar dari umat Islam dan membangun peradaban.

Dan bangsa lain menyadari akan hal itu; bahwa kembali kepada esensi adalah satu pilar kebangkitan, sehingga upaya untuk kembali kepada esensi yang dilakukan oleh berbagai gerakan Islam, akan dihadang, sebab itu terkait dengan entitas dan keberadaan mereka, seperti Al-Quran membahasakanya; ketika kebenaran hadir, maka kebenaran itu akan menghempaskan kebatilan.

Dan satu dari sekian metode untuk memperdayai dan mencondongkan hati umat islam kepada keburukan dan kebathilan, adalah seperti Al-Quran membahasakanya, dengan menggunakan’’zukhrufal qauli ghururo’’.

‘’zukhrufal qauli ghururo’’, adalah kata-kata indah untuk memperdayai, tujuanya agar umat Islam terperdaya oleh kebatilan yang dibungkus dengan bahasa sastrawi yang indah dan istilah yang melangit, sehingga merubah fokus umat hanya kepada kata dan bentuk bukan kepada esensi.
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sejarah Akan Selalu Berulang Rating: 5 Reviewed By: Unknown