728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 28 April 2014

Anak Ladang Pun Jadi Bintang

MUHARRIKDAKWAH - Sebuah tinta emas kembali digoreskan oleh para anak-anak Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Anak-anak para Tenaga Kerja Indonesia yang menyandag status sebagai "Anak Ladang" itu kini berhasil tampil sebagai bintang. SIKK berhasil dinobatkan sebagai Juara Umum Lomba Apresiasi dan Kreasi Sekolah Indonesia Luar Negari (APKRES SILN).

Sekolah yang terlibat menjadi peserta dalam lomba ini adalah Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (Malaysia), Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (Malaysia), Sekolah Indonesia Singapura, Sekolah Indonesia Davao (Filipina), Sekolah Indonesia Yangon (Myanmar), Sekolah Indonesia Moskow (Rusia), Sekolah Indonesia Riyadh (Arab Saudi), Sekolah Indonesia Jeddah (Arab Saudi), Sekolah Indonesia Mekah (Arab Saudi), Sekolah Indonesia Kairo (Mesir), Sekolah Republik Indonesia Tokyo (Jepang), Sekolah Indonesia Wassenaar (Belanda) dan Sekolah Indonesia Bangkok (Thailand).

Acara yang diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun sekali ini mempertemukan seluruh sekolah Indonesia yang tersebar di 11 negara di seluruh dunia. Pada tahun 2014 ini sejumlah 13 sekolah Indonesia luar negeri berkumpul di Kota Palembang untuk mengikuti 5 mata lomba; Tari Kelompok (SMP); Menyanyi (SD); Menyanyi (SMP); Story Telling (SMP); dan Menggambar Bercerita (SD).

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu memberangkatkan 8 Siswa terbaiknya yaitu Misael Marthen, Aswan, Adam Malik (Tari Kelompok SMP), Yuliana Peturos (Story Telling SMP), Yeremias Mangu (Gambar Bercerita SD), Maria Aviana (Menyanyi SMP), Nirwana Bt. David (Menyanyi SD), dan Agustinus (Pidato SD).

Ajang yang digelar pada tanggal 21-26 April 2014 di Palembang oleh Direktorat Pendidikan Dasar Kemendikbud ini menjadi wahana khusus bagi anak-anak Indonesia di tanah rantau untuk saling bersilaturahmi dan saling menunjukkan kebolehannya.

Pada Malam Anugerah APKRES SILN di Hotel Swarna Dwipa Palembang, diumumkan bahwa siswa-siswi SIKK mampu membawa pulang 3 emas dan 1 perunggu. Siswa SIKK yang dinyatakan menjadi yang terbaik (Juara I) adalah Nirwana untuk kategori Menyanyi SD, Maria Aviana untuk kategori Menyanyi SMP, dan Agustinus untuk kategori Pidato SD, serta memperoleh Juara III untuk lomba kategori Tari Kelompok SMP atas nama Misael, Adam, dan Aswan. Dengan perolehan medali tersebut, SIKK dinobatkan sebagai Juara Umum pada APKRES SILN Palembang 2014.

Dadang Hermawan selaku Kepala SIKK mengatakan bahwa perhatian pemerintah Indonesia yang begitu luar biasa pada anak-anak Tenaga Kerja Indonesia di Sabah-Malaysia dengan mendirikan gedung untuk SIKK sudah semestinya diiringi dengan karya-karya dan prestasi-prestasi yang luar biasa.

"Kami berterima kasih pada Kemdikbud dan Kemlu yang telah memberi dan memfasilitasi kami dengan gedung beserta sarana sekolah dan prasarana yang luar biasa, kami masyarakat SIKK menggelorakan tema Semangat Baru Menjadi Nomor Satu sebagai pacuan semangat untuk berkarya, Alhamdulillah kita dapat mewujudkannya di ajang APKRES SILN ini," katanya.

Pemenang Juara I ajang APKRES SILN ini akan bertanding pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau yang lebih dikenal dengan FLS2N. Kontingen Menyanyi SD, Menyanyi SMP, dan Pidato SD SIKK akan bertanding di Semarang menghadapi perwakilan dari 34 Provinsi lain di Indonesia. [ysa/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Anak Ladang Pun Jadi Bintang Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah