728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 15 April 2014

Jend. Sisi Resmi Mengumumkan Pencapresannya




MUHARRIKDAKWAH, Kairo –Deputi Perdana Menteri Interim Mesir Jenderal Abdel Fattah el-Sisi secara resmi pada Senin kemarin (14/4/2014) mendaftarkan diri sebagai calon presiden Mesir pada pemilihan presiden mendatang.

Tim pemenangan Sisi menyerahkan surat pencalonan presiden kepada komisi pemilihan presiden Mesir di Kairo, seperti diberitakan oleh televisi pemerintah, tulis Al Arabiya.

Di tengah ketatnya pengamanan, tiga mobil 4x4 warna hitam milik tim pemenangan Sisi tiba di gedung komisi pemilihan presiden dan sebuah helikopter tentara berputar-putar di atasnya.

Jenderal Sisi, bekas Kepala Staf Angkatan Darat Mesir, yang kini popularitasnya di atas angin setelah tumbangnya presiden Mesir dan pemimpin Ikhwanul Muslimin Mohammad Mursi pada Juli, digadang-gadang bakal memenangi pilpres pada 26-27 Mei mendatang.

Jenderal berusia 59 tahun ini mendeklarasikan pencapresannya pada akhir Maret lalu.

“Pengacara Abu Shoqa menyerahkan dokumen yang diperlukan atas nama Jenderal Sisi, termasuk dukungan warga Mesir, laporan media, dan aplikasi pencalonannya,” ujar Ahmed Kamel kepada AFP.

Menurut Undang-undang Mesir, para capres setidaknya mampu mengumpulkan tanda tangan warga sebanyak 25.000 untuk setiap capres.

“Jenderal Sisi sudah menerima 460.000 tanda tangan dari warga di seluruh Mesir yang mendukung pencapresannya,” tutur Kamel, anggota tim pemenangan Sisi.

Sisi berhasil menumbangkan Mursi setelah jutaan warga turun ke jalan-jalan menentang pemerintahan Mursi yang gonjang-ganjing selama setahun.

Komisi pemilihan presiden akan mengumumkan pencapresan final pada 2 Mei, dan tim pemenangan boleh berkampanye sehari kemudian.

Pemimpin kiri Hamdeen Sabahi dan Mortada Mansour, pemimpin aktivis penggulingan Hosni Mubarak pada 2011, juga menyatakan minatnya sebagai capres. Suara protes Sabahi belakangan ini keras menentang Sisi.

Dalam wawancara dengan televisi satelit al-Mayadeen pada Sabtu pekan lalu, Sabahi mengklaim bahwa tokoh-tokoh terkait banyak kasus korupsi mendukung pencapresan Sisi, tulis Ahram Online. [inilah.com]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jend. Sisi Resmi Mengumumkan Pencapresannya Rating: 5 Reviewed By: Unknown