728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 26 April 2014

Kobarkan Semangat Pemuda Dengan Mukhoyyam Al-Qur'an



MUHARRIKDAKWAH - Pemuda adalah generasi penerus yang akan melanjutkan sebuah perdaban dunia. Baik-buruknya suatu negeri di masa depan tergantung pada kondisi pemuda saat ini, karena pemudalah yang akan menjadi pemegan estafet peradaban di masa yang akan datang.

Namun pemuda saat ini sangatlah memprihatinkan, mereka telah kehilangan identitasnya hingga pada titik nadir. potensi-potensi seharusnya dimiliki oleh pemuda saat ini tidaklah nampak kecuali hanya sedikit saja. Krisis moral, krisis sosial serta arogansi yang tinggi menjangkit pemuda saat ini. Kasus tauran antar pelajar, minum-minuman keras, narkoba bahkan seks bebas dimana-mana sampai sekolah pun dijadikan tempat melampiaskan hawa nafsunya. Kenapa semua ini terjadi pada anak muda kita, karena sedikitnya pemahaman keislaman  pada diri meraka bahkan sedikitpun tidak ada, jauhnya mereka dalam memahami Al-Qur'an bahkan membacanya saja tak pernah jangankan membacanya menyentuhnya pun tak pernah. Jangan berharap suatu kebaikan di Negeri ini jika Al-Qur'an diabaikan.

Orieantasi inilah yang membuat sekolah Nurul Fikri Boarding School Lembang mewajibkan para muridnya selalu dekat pada Al-Qur'an, membacanya bahkan diwajibkan untuk mengafalkannya. karena Al-Qur'an adalah cahaya yang akan menerangi jagat raya ini.

Pada hari Senin sampai hari Jum'at 21-25/4/2014 Nurul Fikri Boarding School Lembang menggelar mukhayyam Al-Qur'an Bagi Santri-Santrinya selama lima hari di padepokan madani Lembang Bandung Barat. Pada kegiatan mukhayyam Qur'an ini, santri-santri dibekali pemahaman tentang Al-Qur'an bagaimana cara membacanya yang benar, karena membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai kaidah tajwid akan mempermudah untuk menghafalnya. setelah diberikan pembekalan, santri diwajibkan untuk menghafalkan dan menyetorkan hafalannya kepada pembimbing tahfidznya masing-masing setiap hari tanpa jeda selama lima hari.

Mukhoyyam Al-Qur'an ini, Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar santri tampak sangat semangat dalam menghafal Al-Qur'an, karena ini nantinya akan menjadi bekal ketika menghadap Allah swt, dengan Al-Qur'an ini kita harapkan kehidupan kita lebih bermakna lebih barokah, dan itu membangkitkan semangat kebangkitan Islam, makanya kita kobarkan semangat mereka agar Islam lebih bangkit lebih mempunyai harga diri dimata dunia. Makanya kita harus selalu bersama Al-Qur'an, tutur Ustadz Fathurrahman selaku kepala Tahfidzul Qur'an NFBS Lembang saat di wawancarai.

Pada saat yang sama Ustadz Rofi'i mengatakan Santri-santri sangat luar biasa responnya, ada yang menghafal sampai 10 halaman setiap harinya, mudah-mudahan anak-anak selalu semangat, dan tidak pernah meninggalkan Al-Qur'an untuk kehidupan mereka sendiri

Saat ditanya tentang rasa jenuh dan bosan. Ustadz Rofi'i lanjut megatakan sebenarnya untuk meninggalkan rasa jenuh dan malas itu tergantung pada diri sendiri, dan sebenarnya Al-Qur'an itu tidak pernah memberikan kejenuhan atau kemalasan pada seseorang, tinggal orangnya sendiri bagaimana  bisa semangat terhadap Al-Qur'an itu sendiri, kita selalu hadirkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an, dan ini yang dirasakan santri kita selama mukhoyyam Al-Qur'an ini, rasa jenuh atau bosan seperti tak menghampirinya, karena meraka sudah cinta pada Al-Qur'an. tutur Ustadz Rofi'i salah satu pembibing Tahfidz NFBS Lembang.





kami juga sempat mewawancarai beberapa santri peserta mukhoyyam Al-Qur'an. Berikut petikan wawancaranya;

Wawancara dari santri yang bernama Faisal

Bagaimana pendapat anda tentang mukhoyyam Al-Qur'an?

Pendapat saya sebagai santri, sangat bagus karena jarang sekali ada kesempatan seperti ini, dimana selama 5 hari kita diintensifkan menghafal Al-Qur'an, dari pagi sampai malam tanpa ada jeda, dan menurut saya menarik juga karena diera globalisasi ini tidak mudah untuk menghafal Al-Qur'an. 

Seperti yang saya dengar waktunya dari pagi sampai malam, Apakah Anda tidak jenuh dengan kegitan itu?  

In Sya Allah, seperti penghafal Al-Qur'an yang lainnya para hafidz dan hafidzoh yang lainnya, untuk menghafal Al-Qur'an sendiri mungkin tidak akan pernah bosan bagi saya.

Walaupun tidak pernah bosan, tapi rasa jenuh dan susah dalam menghafal pasti ada kan?

Tentu saja itu sebagai penghalang, tapi In Sya Allah dengan tekad saya, iman saya akan terus maju menjaga Al-Qur'an ini.

Bagaimana cara anda menghilangkan kendala-kendala tersebut?

Pokoknya luruskan niat karena kita tau bahwa tujuan dari mukhoyyam ini adalah untuk menghafal Al-Qur'an.

Wawancara berikutnya santri bernama Imron berasal dari Thailand

Bagaimana pendapat anda tentang mukhoyyam Qur'an ini?

Alhamdulillah, bisa menambah hafalan, kalau kami biasa di pesantren kan ada terasa malas, kalau disini kan hafalan terus hafalan terus..

Pernah gak merasa jenuh gitu?

Bosen sih..ehh.. gak ada, paling bosennya dikit..hehe

Bagai mana cara mengatasi rasa malas itu?

Saya paling menghibur diri dengan olahraga dulu agar rasa malas itu hilang

Suka ngantuk gak kalau pas lagi menghafal?

Biasanya kalo dibaca dengan keras enggak sih, tapi kalau bacanya diam-diam terkadang ngantuk juga.

Itulah tanggapan santri bagaimana mereka berinteraksi dengan Al-Qur'an. Mudah-mudahan Indonesia melahirkan banyak pemuda-pemuda yang cinta Al-Qur'an dan penghafal Al-Qur'an, sebagaiman sabda Rasulullah SAW "Sebaik-baik manusia adalah manusia yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya". []




  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kobarkan Semangat Pemuda Dengan Mukhoyyam Al-Qur'an Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah