728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 29 April 2014

Menpora: Peran Pemuda Penting Menunjang Pembangunan




MUHARRIKDAKWAH -
Peranan pemuda yang memiliki potensi dan kompetisi sangat diperlukan di Indonesia saat ini. Peran itu penting dalam menunjang pembangunan nasional.

Begitu dikatakan Menteri Pemuda Olahraga Roy Suryo saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa pasca sarjana Universitas Indonesia (UI) di kampus Salemba, Jakarta (Senin, 28/4).

"Salah satu tantangan pemuda adalah Asean Economic Community 2015 dan bonus demografi," terang dia.

Peran pemuda, kata Roy, tidak bisa terlepas dari sejarah perjuangan bangsa, kongres kedua pemuda diketuai pemuda potensial yang berusia 23 tahun yaitu pak Sughondo Djojopuspito. Nama ini kemudian diabadikan menjadi aula kebanggan PPPON Kemenpora di Cibubur.

"Misi kemenpora dan UI sepertinya memiliki semangat yang sama, dari satu sisi kemenpora mendorong hadirnya pemuda profesional dan potensial, sedangkan UI berharap mahasiswa yang dihasilkan dapat selalu mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat," terang Politikus Partai Demokrat ini.

Untuk itu, menurut Roy, kerjasama Kemenpora-UI perlu diteruskan siapapun menterinya nanti setelah.

Deputi Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara dalam laporannya sebelum kuliah umum Menpora mengatakan, dukungan fasilitas beasiswa pascasrjana untuk pemuda ini telah dilaksanakan sejak 2006-2013 dan akan dilanjutkan 2014.

"Jumlah mahasiswa dari angkatan I-VIII adalah 221 mahasiswa dan telah lulus 162 org," kata Sakyan.

Sakhyan menambahkan, kerjasama Kemenpora juga membangun kerja sama serupa, yaitu di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Jogjakarta, Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar dan di medan yaitu di Universitas Sumatera Utara (USU)‎.

Dalam kuliah umum itu, turut hadir‎ Direktur urusan mahasiswa UI Arman Nefi, Prof Sulistyowaty Irianto, ketua program pascasarjana multidisplin UI Prof. Ronny R. Nitibaskara, Deputi Pengembangan Pemuda Sakhyan Asmara, Deputi Pemberdayaan pemuda Yuni Poerwanti, Staf Ahli Komunikasi dan Informatika Amung. Serta sejumlah pejabat eselon II Kemenpora dan dosen pasca UI.

Direktur Kemahasiswaan UI Arman Nefi dan Ketua program Pascasarjana Sulistyowati Irianto menyampaikan apresiasi terhadap komitmen Kemenpora dalam mengembangkan potensi dan kualitas pemuda.

UI menyatakan kesiapannnya untuk terus bekerjasama guna menghasilkan generasi muda indonesia yang siap mengantarkan Indonesia menjadi kekuatan utama ASEAN 2015 dan kekuatan diperhitungkan di Asia 2050. [dem/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Menpora: Peran Pemuda Penting Menunjang Pembangunan Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah