728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 23 April 2014

Menteri Salim: Kesetiakawanan Sosial Bisa Jadi Perekat Keragaman

Mensos Salim Segaf Al Jufri (foto net)



MUHARRIKDAKWAH
- Selain menjadi modal sosial untuk mewujudkan kesejahteraan, keragaman Indonesia juga berpotensi menjadi ancaman terhadap kemajemukan bangsa.

Karena itu, kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, kebijakan pembangunan untuk menjaga keragaman harus dipertahanakan. Kebijakan ini juga seharusnya tidak semata mengejar pertumbuhan semata, melainkan harus dilakukan secara terpadu dan komprehensif sehingga mendorong terwujudnya kesejahteraan bangsa dengan nilai-nilai kearifan lokal.

"Sejarah telah membuktikan, bahwa kearifan lokal mampu menjadi perekat bangsa dimana di dalamnya terdapat nilai dan tatanan yang dihormati dan dijadikan acuan oleh masyarakat Indonesia yang majemuk tersebut," katanya dalam pembukaan Rapat Koordinasi Pengembangan SDM dan Pembangunan Kesos III Tahun 2014 di Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa malam (22/4/2014).

Di tengah masyarakat yang majemuk itu pula, lanjutnya, selain dibutuhkan akan nilai-nilai kearifan lokal, juga harus ditanamkan semangat kebersamaan dan kesektiakawanan sosial sebagai bentuk dari keserasian sosial.

"Keserasian sosial di tengah masyarakat adalah jawaban di tengah permasalahan kesejahteraan sosial yang semakin kompleks dan tuntutan keadilan di semua sektor, sekaligus melindungi hak asasi manusia," tandasnya.

Oleh karena itu, simpul dia, dibutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) andal untuk mewujudkan keserasian sosial dengan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal. [ysa/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Menteri Salim: Kesetiakawanan Sosial Bisa Jadi Perekat Keragaman Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah