728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 7 May 2014

Ada apa dengan soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional SMP 2014?



MUHARRIKDAKWAH - Ujian Nasional SMP tahun 2014 sudah mulai diselenggarakan mulai tanggal 5 mei 2014 kemarin. 4 soal yang akan diujikan diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). kekisruhan Ujian Nasional ternyata terjadi pula. setelah sebelumnya soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menuai kontroversi pada Jenjang SMA, karena adanya muatan politik yaitu dicantumkannya nama calon Presiden dari PDIP Joko Widodo.

kekisruhan pada naskah soal SMP bukan karena adanya nama tokoh politik, tapi tidak tersusunnya soal dengan baik. Soal dikelompokan menjadi 2 yaitu soal yang bersampul dan soal yang tidak bersampul. apa maksud dari pengelompokan ini? sebelumnya dipahami bahwa mulai tahun 2013 Ujian Nasional dibuat 20 paket itu artinya setiap siswa akan mendapatkan soal yang berbeda dengan rekan dikelasnya. dengan adanya 20 paket soal dan soal yang tidak rapih penyusunannya memungkinkan siswa tidak mendapatkan soal dengan paket yang tepat. Akibatnya siswa mendapatkan total soal yang berbedabeda. ada yang mendapatkan 52 soal, 53, 55, bahkan 60 soal dan siswa harus mengerjakan 50 soal saja.

Bukan cuma siswa yang kebingungan dengan aturan tersebut bahkan pengawas serta kepala sekolah pun merasakan hal yang sama, karena belum ada sosialisasi sebelumnya tentang aturan tersebut. Pengawas kebingungan saat membagikan naskah Ujian kepada siswa karena tidak utuhnya paket soal yang akan diberikan. namun memang diamplop soal dilampirkan aturan pengerjaan soal seperti berikut:




Dengan adanya aturan tersebut artinya penyusunan naskah soal yang berantakan tersebut sudah diketahui oleh para penyusun soal, namun mengapa tidak ada sosialisasi sebelumnya?

Hari ini 6 mei 2014 merupakan hari kedua Ujian Nasional SMP yaitu pelajaran Matematika. anehnya soal matematika tidak mengikuti aturan seperti soal pada pelajaran bahasa Indonesia. Naskah Soal matematika tersusun rapi seperti seharusnya tanpa ada aturan pengerjaan soal yang bersampul dan tidak bersampul. maka pertanyaan muncul dari semua pihak. ada apa dengan naskah soal Bahasa Indonesia? mengapa pelajaran Bahasa Indonesia berbeda aturannya dengan pelajaran lain? kalau diamati dan dianalisis muncul spekulasi bahwa sebagian soal (soal tidak bersampul) hasil cetak ulang, sehingga adanya ketidaksingkronan dengan soal sebelumnya (soal yang bersampul). namun mengapa harus cetak ulang? apakah ada masalah dengan cetakan sebelumnya? kalau memang ada masalah kenapa tidak cetak ulang seluruhnya? hal ini disinyalir karena adanya perubahan soal pada pelajaran Bahasa Indonesia beberapa waktu sebelum ujian dilaksanakan. spekulasi ke arah politik kembali memperkuat dugaan ini. Bisa jadi hal serupa terjadi kembali di UN SMP sehingga sedini mungkin mengganti soal yang bermasalah tersebut dengan soal yang baru namun ceroboh dalam mengganti soalnya. Perubahannya tidak mengikuti aturan penomoran yang sudah ditentukan sebelumnya. Tak aneh akhirnya muncul beberapa nomor yang sama dan beberapa nomor yang hilang.

Ujian Nasional 2014 bukanlah Ujian Nasional pertama di Indonesia, mengapa hal-hal seperti ini harus terjadi?


Oleh: Ruli Afian, S.Pd
Guru SMP di Bandung
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ada apa dengan soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional SMP 2014? Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah