728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 15 May 2014

Gerindra, PAN, PKS, dan PPP Cerminkan Nasionalis Religius




MUHARRIKDAKWAH - Koalisi Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PPP mencerminkan perwujudan aspirasi strategis dari perpaduan partai nasionalis religius, kata pengamat politik Syahganda Nainggolan.

Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC) itu di Jakarta, Selasa (13/05), mengatakan, keputusan partai-partai politik religius dalam menetapkan bangunan koalisi politik ke Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam pencalonan presiden patut diapresiasi sebagai perwujudan aspirasi strategis antara parpol religius dengan kekuatan nasionalis.

“Dari sisi kepentingan bangsa tentu ini langkah simpatik dan tepat, karena telah meletakkan semangatnya untuk berjuang bagi mandat kepemimpinan bangsa dengan lingkungan nasionalis, bukan lagi menggunakan isu poros keagamaan,” katanya.

Menurut dia, meskipun partai berbasis nasionalis menjadi agenda perjuangan partai lain seperti PDIP atau Partai Golkar, tetapi pilihan tiga partai religius bersama Gerindra itu dapat dinilai dalam rangka menciptakan hubungan politik yang diikat dengan komitmen nasionalisme.

“Ini memberi warna politik dalam kehendak membangun bangsa atas dasar keislaman yang terbuka, serta dipadu dalam corak nasional kebangsaan sehingga masuk ke perjuangan lebih luas,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, perpaduan tak lagi berada dalam bayang-bayang sempit demi suatu kelompok keumatan, namun justru sebaliknya, mengukuhkan sikap pada orientasi nasional kerakyatan dengan pijakan makna nasionalisme.

Pengertian nasionalisme ini meliputi keberpihakan partai-partai itu untuk kemajuan bangsa dan rakyat, sebagaimana menjadi cita-cita dan program perjuangannya, kata Syahganda. Ia menyebutkan koalisi mendukung Prabowo lengkap dan sangat strategis. [ant/pksnongsa]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gerindra, PAN, PKS, dan PPP Cerminkan Nasionalis Religius Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah