728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 1 May 2014

Indonesia Prihatin Atas Vonis Mati Anggota IM



MUHARRIKDAKWAH - Indonesia menyatakan keprihatinan atas keputusan hukuman mati terhadap 683 warga Mesir pada tanggal 28 April 2014 dan sebelumnya terhadap 529 warga Mesir pada bulan Maret 2014 yang lalu.

“Tanpa sama sekali bermaksud untuk campur tangan urusan dalam negeri Mesir, kami prihatin dengan berita tentang keputusan hukuman mati terhadap 683 warga Mesir pada tanggal 28 April 2014 dan sebelumnya terhadap 529 warga Mesir pada bulan Maret 2014 yang lalu. Hal ini juga menjadi perhatian luas dari masyarakat Indonesia,” kata Menlu RI, Marty M. Natalegawa,di Jakarta, Selasa (29/4) seperti dikutip Tempo.

Menlu menyatakan hal itu menanggapi rekomendasi seorang hakim di Mesir, Senin (28/04), agar hukuman mati dijatuhkan bagi 683 anggotaKlik Ikhwanul Muslimin, termasuk pemimpinnya, Mohammed Badie.

“Sebagai negara sahabat dan sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia tentunya mengikuti perkembangan situasi di Mesir secara dekat dan bahkan dengan rasa keprihatinan,” kata Menlu Marty.

“Indonesia sendiri sudah mengalami proses transisi ke arah demokrasi sehingga Indonesia tentu menyadari bahwa situasinya memang sangat kompleks dan tidak sederhana. Sungguh pun demikian, kami percaya dan berharap Pemerintah Mesir akan dapat mengatasinya dengan baik, berdasarkan kepentingan dan aspirasi bangsa Mesir sendiri.” lanjut Menlu RI.

“Indonesia sungguh berharap agar proses penegakan hukum tetap bertumpu pada tata nilai dan kaidah-kaidah yang bersifat universal, termasuk dihormatinya azas praduga tidak bersalah dan pemenuhan hak-hak terdakwa dalam proses pengadilan.” demikian imbuh Menlu Marty.

“Kami juga mendoakan agar proses demokratisasi di Mesir tetap bertumpu pada semangat rekonsiliasi dan bersifat inklusif dan mengharapkan agar proses itu berjalan secara damai tanpa kekerasan,” tutup Menlu RI mengakhiri pernyataannya. [fimadani]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Indonesia Prihatin Atas Vonis Mati Anggota IM Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah