728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 15 May 2014

Jeffry Wicaksana, Remaja Pencipta Helm Bambu Berstandar SNI

Jeffry Wicaksana (Ropesta/Detikcom)

MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Masyarakat Indonesia diharuskan memakai helm SNI (Standar Nasional Indonesia) ketika berkendara. Pernahkah ada di benak Anda pohon bambu bisa disulap jadi helm yang diakui dengan SNI? Jeffry Wicaksana, seorang remaja Jakarta berusia 17 tahun menjawab pertanyaan itu.

Jeffry yang masih duduk di bangku kelas 3 SMA Santa Laurensia, Jakarta itu, menciptakan inovasi produk helm berstandar nasional dari sebilah bambu ketika ikut lomba karya ilmiah di LIPI. Alhasih dia menggondol juara di bidang Ilmu Pengetahuan Teknik.

"Saya lihat helm motor itu kan banyak pakai plastik, kebutuhan kita akan plastik itu kan menggunakan minyak tanah yang lama-lama akan habis. Jadi kepikiran saja kenapa kita enggak coba cari benda untuk subsitusi helm itu. Bambu itu diremehkan, padahal fungsinya banyak," katanya soal awal idenya, kepada detikcom di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Rabu (14/5/2014).

Idenya itu membawanya meraih medali emas di kompetisi Olimpiade Proyek Ilmiah Tingkat Internasional Bidang Fisika Lingkungan tahun 2013. Keunggulannya karena bambu dianggap lebih ramah lingkungan.

"Saya coba bikin material bambu komposit untuk helm sepeda motor tapi untuk luarnya saja, di dalamnya tetap pakai stereofom. Kami pakai carbon fiber agar sepeda motornya lebih kuat, jadi kalau ada benturan lebih aman. Lebih ramah lingkungan karena bisa tergradasi dengan cepat dibanding plastik juga," jelas Jeffry yang membuat inovasi itu bersama satu orang teman lainnya.

Karya inovasi Jeffry itu membuatnya direkomenasikan Kemendikbud ikut program Outstanding Students For The World. Program tahunan itu memfasilitasi sejumlah siswa dan mahasiswa yang dianggap berprestasi untuk unjuk kebolehan ke luar negeri. Tahun ini, pelajar yang terkemuka itu akan berkunjung ke Kanada selama seminggu, 18-25 Mei mendatang.

Jeffry berujar, prestasinya tidak hanya inovasi helm bambu itu saja. Sebagai anak remaja, dia mengaku adalah orang yang sering merasa penasaraan akan sesuatu hal baru. "Hobby saya iseng mencoba sesuatu. Saya tipe bosanan dan sering merasa penasaran," katanya.

Prestasi lain pria berkaca mata itu juga tersebar di berbagai bidang seperti lomba debat, matematika, komputer, dan lomba menulis. "Passion saya enggak bisa stay di satu tempat, saya enggak bakal tahan lakukan rutinitas," ujarnya.

Anak pertama dari dua bersaudara itu melanjutkan dia masih ingin mengembangkan helm bambunya. Tapi, lagi-lagi seperti anak berpretasi lain, dia kesulitan karena belum ada penyedia dana.

"Saya niat untuk membuatnya secara massal kalau misalnya bisa ada yang danain. Kalau mau dieksperimen lebih lanjut lumayan mahal sih, tapi kalau biaya produksinya bisa bersaing sama helm plastik. Ini aman sudah diuji SNI, bahkan sebenarnya lebih aman daripada yang plastik jika ada terjadi benturan," kata pelajar yang ingin kuliah di Hongkong itu. [detik]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jeffry Wicaksana, Remaja Pencipta Helm Bambu Berstandar SNI Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah