728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 26 May 2014

Kontrak Politik Prabowo-Hatta dengan Pedagang Kaki Lima



MUHARRIKDAKWAH - Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) berniat menyumbangkan 20 juta suara untuk pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilihan Presiden 9 Juli 2014. Dukungan tersebut, tertuang dalam kontrak politik antara pedagang dan Prabowo-Hatta.

Ada empat butir kesepakatan dalam kontrak politik kedua belah pihak. Pertama, pasangan Prabowo-Hatta siap memberikan pinjaman kredit untuk modal usaha melalui perbankan mikro di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"Dengan kredit itu, maka sekitar 25 juta PKL akan mendapatkan jaminan modal dari finance," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APKLI, Ali Mahsun dalam pesan tertulisnya kepada viva.co.id, Senin 26 Mei 2014.

Kedua, jika Prabowo-Hatta menang, mereka akan mengeluarkan regulasi bagi pedagang untuk meningkatkan jaminan kepastian hukum atas Peraturan Presiden No. 125/2012 tentang Tata Kelola dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. Berdasarkan Perpres itu, PKL tetap diperbolehkan berjualan.

"Regulasi itu sangat penting, karena berkaitan dengan nasib pedagang mencari rupiah untuk menghidupi keluarga mereka," ujar Ali.

Ketiga, akan ada penjaminan proteksi terhadap distribusi dan rifting barang impor, di mana pedagang akan menjadi pelaku pasar di Indonesia, meski barang impor yang dipasok dari luar negeri.

"Barang boleh datang dari luar negeri, tetapi harus berhenti di Tanjung Priok. Untuk menyampaikan barang ke pedagang, harus dilakukan oleh orang kita sendiri, tidak boleh pelaku dari luar negeri," kata Ali.

Keempat, Prabowo-Hatta menjamin kedaulatan ekonomi dan menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Indonesia tidak boleh menjadi kuli. Indonesia harus berdiri di atas kaki sendiri," ujar Ali.

Menurut Ali, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini pun PKL sesungguhnya telah mendapatkan jaminan tetap diperbolehkan berjualan. Komitmen itu dibuktikan Hatta Rajasa sebagai Dewan Kehormatan APKLI yang telah mendorong pemerintah mengesahkan Perpres No. 125 Tahun 2012 tentang Penataan dan Pengolaan PKL.

Sebab itu, Ali berpendapat, dukungan AKPLI kepada Prabowo-Hatta adalah suatu keharusan. Keseriusan APKLI diwujudkan dengan pendirian posko pemenangan Prabowo-Hatta yang dinamakan Tim Gerobak Prabowo-Hatta. [dm/pksnongsa.org]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kontrak Politik Prabowo-Hatta dengan Pedagang Kaki Lima Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah