728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 2 May 2014

Ledia Hanifa: Sinergi Orang Tua dan Sekolah untuk Lindungi Anak Harus Ada

Ledia Amalia Hanifa

MUHARRIKDAKWAH - Kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di lingkungan sekolah mengguncang dunia pendidikan sekaligus membuka mata publik bahwa perkembangan dunia pendidikan di Indonesia ternyata tengah menghadapi berbagai ancaman serius.

Persoalan ini, kata Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ledia Hanifa Amaliah, harus segera dibenahi. Sehingga masalah yang mengancam tumbuh kembang anak Indonesia di masa datang dapat dicegah dan dihilangkan.

Leida pun mengingatkan bahwa peran pendidikan anak yang semestinya menjadi satu lingkaran kesinambungan antara rumah dan sekolah, orangtua dan guru kini cenderung terputus. Banyak orangtua tanpa disadari seolah telah menyelesaikan tugas pendidikan anak dengan mencari dan memasukkan anak ke sekolah-sekolah yang dianggap terbaik, termegah dengan fasilitas terlengkap.

"Hubungan orangtua dengan dunia pendidikan anaknya menjadi minimalis. Kalau sekolah sendiri tidak memiliki program yang melibatkan peran orangtua, dan kemudian orangtua pun tidak proaktif, maka banyak momen dalam masa tumbuh kembang anak yang tidak terpantau orangtua. Ibaratnya hubungan orangtua dan sekolah hanya terbatas saat membayar iuran," kata Leida dalam keterangan beberapa saat lalu (Jumat, 2/5).

Leida pun mencatat, pendidikan berbasis keteladanan yang paling efektif diserap dan menjadi pengokoh karakter anak di masa dewasa semakin langka. Padahal seharusnya orangtua harus menjadi teladan utama dan pertama bagi anak di rumah. Sementara di lingkungan sekolah, kepala sekolah, staf pengajar dan staf pendukung lainnya harus menjadi ujung tombak dalam hal memberi keteladanan sikap, perilaku serta nilai moral atau akhlak. [ysa/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ledia Hanifa: Sinergi Orang Tua dan Sekolah untuk Lindungi Anak Harus Ada Rating: 5 Reviewed By: Unknown