728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 1 May 2014

Mensos: Pelaku Usaha Harus Bantu Sejahterakan Masyarakat




MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Menteri Sosial Salim ‎Segaf Al Jufri mengatakan percepatan program kesejahteraan masyarakat tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah. Dukungan pelaku usaha diyakini akan banyak membantu.

"Tanpa keikutsertaan dunia usaha, tidak akan terjadi akselerasi percepatan penanganan masalah kesejahteraan sosial," kata Salim di Berau, Kalimantan Timur, Kamis (1/5/2014).

Hal ini disampaikan Salim usai meresmikan rumah layak huni RT 08 dan RT 09 Tumbit Melayu-Meraang yang menjadi lokasi program resettlement atau pemukiman baru. ‎Warga di lokasi ini sebelumnya kesulitan mengakses sarana kesehatan, pendidikan dan fasilitas umum lainnya karena tinggal di sekitar 30 kilometer dari Tanjung Redeb dan terpisah dengan Sungai Kelay.

‎Mensos mengatakan, pelaku usaha bisa mengoptimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu masyarakat, dalam hal ini termasuk untuk pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Tanggung jawab pengupayaan kesejahteraan ini sesuai dengan Undang Undang Nomor 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial, di mana komponen masyarakat, pemda dan dunia usaha ikut andil.

"Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Berau dan PT Berau Coal yang telah bekerjasama dalam pembangunan pemukiman bagi RT 08 dan RT 09 Meraang dan KAT Punan KM 10," imbuh dia.

‎Di pemukiman baru ini, PT Berau Coal menyiapkan fasilitas seperti rumah sehat, rumah ibadah, sarana air bersih, sarana pendidikan dan kesehatan. Menurut Mensos, upaya ini merupakan keseriusan pemerintah Kabupaten Berau dan PT Berau Coal berperan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial.

"Ini bisa menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan kalangan dunia usaha di tempat lainnya," ujarnya.

Rumah layak huni di Kaltim (Foto:Ferdinan/detikcom)

Sumber: Detik.com
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mensos: Pelaku Usaha Harus Bantu Sejahterakan Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Unknown