728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 8 June 2014

Istanbul Segera Punya Bandara Terbesar di Dunia



MUHARRIKDAKWAH - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan pembangunan bandara ketiga Istanbul, Sabtu (7/6).

"Istanbul dan Turki sedang menandai hari bersejarah. Bandara terbesar di dunia akan dibangun di sini," kata Erdogan pada upacara peletakan batu pertama proyek bernilai 30 milyar dolar AS, seperti dikutip AFP.

Erdogan mengatakan, pembangunan diprediksi akan selesai pada 2017 nanti. Fasilitas yang diproyeksikan mampu menangani 150 juta penumpang per tahun ini di beroperasi penuh pada tahun 2018.

"Kami sedang membangun bukan hanya bandara, tapi benar-benar sebuah 'monumen kemenangan'," ujar Erdogan.

Fasilitas ini akan dibangun di atas lahan seluas 7.700 hektar dengan kemampuan menampung 500 pesawat.

Bandara di kota terbesar ketiga Turki ini bertujuan untuk menyaingi Bandara Internasional Al Maktoum International Dubai, yang dibuka pada bulan Oktober tahun lalu.

Sayangnya, proyek ini telah menyuarakan keprihatinan di kalangan aktivis lingkungan yang memprotes pembangunan lantaran fasilitas dibangun di daerah hutan lebat di dekat Danau Terkos, yang mana merupakan salah satu dari enam waduk air minum utama di Istanbul.

Namun, Erdogan menduga bahwa demonstran hanya digunakan sebagai "pion" oleh beberapa kelompok yang berusaha untuk menghambat pertumbuhan Turki dan upaya pemerintah untuk membangun bandara. [wid/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Istanbul Segera Punya Bandara Terbesar di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah