728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 8 June 2014

Jokowi-JK Paling Rawan Pecah Kongsi




MUHARRIKDAKWAH - Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dinilai lebih aman dari konflik saling sandera ketimbang pasangan rivalnya, Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Demikian disampaikan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M. Massardi dalam diskusi bertema 'Mencegah Presiden Disandera Wapres' yang digelar di restoran Dapur Selera, Tebet, Jakarta, Minggu (8/6).

"Paling rawan konflik kalau diihat dari pemetaan pasangan Prabowo-Hatta seimbang. Lantaran, Prabowo punya partai sendiri begitu juga Hatta. Pasangan ini relatif lebih aman," jelasnya.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan pasangan yang diusung poros koalisi pimpinan PDI Perjuangan Jokowi-JK. Selain faktor usia yang terpaut jauh, potensi terjadinya pecah kongsi dari pasangan ini cukup tinggi karena JK memiliki kerajaan bisnis dengan berbagai kepentingan di dalamnya.

"Tapi nanti JK juga tidak gampang (mengutamakan kepentingan) karena nanti ada Megawati atau Luhut Panjaitan yang juga pebisnis. Mungkin nanti konfliknya muncul di antara pendukung Jokowi," beber Adhie.

Karenanya, mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid itu memastikan bahwa perlu satu aturan yang dibuat agar seorang wakil presiden yang bertindak aneh-aneh bisa langsung dipecat oleh sang presiden.

Selain itu, pasangan capres-cawapres juga harus mengumumkan terlebih dulu susunan kabinet sebelum mengikuti kontestasi. Guna menghindari politik transaksional dalam pembagian jatah kursi.

"Sebelum ikut pPlpres, pasangan yang ada harus mengumumkan skuadnya dulu," demikian Adhie. [wid/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jokowi-JK Paling Rawan Pecah Kongsi Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah