728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 30 June 2014

Survei: Prabowo-Hatta Semakin Melejit Ungguli Jokowi-JK


MUHARRIKDAKWAH - Perlahan namun pasti, tingkat keterpilihan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terus merangkak. Bahkan, hasil survei terbaru elektabilitas Prabowo-Hatta sukses mengungguli rivalnya Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Berdasarkan hasil jajak pendapat Lembaga Survei Nasional (LSN), bila Pilpres dilaksanakan sekarang, pasangan yang diusung oleh koalisi merah putih ini akan meraih kemenangan.

Peneliti LSN, Dipta Pradipta menuturkan, dari survei yang dilakukan, responden ditanya pasangan mana yang dipilih seandainya Pilpres dilaksanakan hari ini atau saat survei dilakukan pada 22-26 Juni 2014.

"Sebanyak 46,6 persen responden memilih Prabowo-Hatta. Yang memilih Jokowi-JK hanya 39,9 persen," katanya saat memaparkan survei di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (29/6/2014).

Dipta mengatakan, dalam survei ini menunjukkan kalau Prabowo-Hatta unggul di wilayah bagian barat Indonesia atau wilayah yang memiliki penduduk yang padat. Sementara, Jokowi-JK pemilihnya ada di Indonesia bagian timur. Tetapi, dari hasil ini masih tersisa responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 13,5 persen.

"Dengan demikian, untuk memenangkan pilpres 9 Juli 2014, baik Prabowo-Hatta maupun Joko Widodo-JK, harus mampu merebut hati pemilih yang tergolong undecided voters yang jumlahnya sekitar 13,5 persen," terangnya.

Direktur Eksekutif LSN, Umar S Bakri menambahkan, hasil ini belum mutlak artinya masih bisa terjadi perubahan. Maka, dengan sisa 13,5 persen itu masih bisa diperebutkan kedua belah pasangan yang kini maju di Pilpres.

"Kalau Jokowi bisa ambil semua (suara itu) maka kemungkinan menang," ujar Umar.

Begitu juga sebaliknya, bila Prabowo-Hatta tidak mampu merebut suara mengambang itu maka kemungkinan kalah juga besar. Responden yang belum memutuskan pilihan ini, ujar Umar, terdiri dari kalangan terdidik, melek informasi, serta mereka banyak memilih untuk menunggu semua sesi debat tuntas.

Survei ini dilakukan pada 22-26 Juni 2014 dan dilakukan di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei ini merupakan seluruh penduduk Indonesia yang sudah memiliki hak pilih dan tercantum dalam DPT. Jumlah respondennya 1070 yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara rambang berjenjang (multistage random sampling).

Sedangkan, simpangan kesalahan (margin of error) sebesar 3,0 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data sendiri dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan responden menggunakan telepon. Survei ini juga dilengkapi dengan analisis media dan in-depth interview dengan sejumlah narasumber. [okz/pksnongsa]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Survei: Prabowo-Hatta Semakin Melejit Ungguli Jokowi-JK Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah