728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 26 June 2014

Toleransi Bagi yang Belum Daftar Ulang SNMPTN



MUHARRIKDAKWAH - Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) memberikan kelonggaran kepada pelamar yang lulus seleksi. Sejumlah pelamar yang tidak melakukan daftar ulang pada 17 Juni lalu, masih diberi kesempatan.

Sekretaris Pokja Panitia SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengatakan, aturan kelonggaran itu ada pengecualiannya. "Kita pastikan dulu, jika tidak daftar ulang karena mengikuti tes SBM PTN (seleksi bersama masuk PTN, red) maka otomatis digugurkan dari kelulusan SNMPTN," katanya kemarin.

Bambang menjelaskan, tanggal daftar ulang SNMPTN disengaja dibarengkan dengan tes tulis SBMPTN. Tujuannya untuk mengantisipasi pelamar ganda. Pelamar ganda ini merugikan, karena akan membuat semakin banyak kursi mahasiswa baru di PTN yang tidak terisi.

Menurut Bambang, klarifikasi ketidakhadiran calon mahasiswa saat registrasi ulang SNM PTN dikomando masing-masing PTN. "Di Unpad (Universitas Padjadjaran, red) contohnya, panitia mengontaki satu persatu calon mahasiswa yang tidak daftar ulang SNMPTN," ujarnya.

Sampai saat ini, Bambang mengatakan panitia pusat belum mendapatkan rekapitulasi jumlah calon mahasiswa yang tidak daftar ulang SNMPTN. Dia mengatakan, jumlah pasti dan final calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN bisa diketahui akhir Juni ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan daftar ulang SNMPTN menarik karena menjadi saringan terakhir sebelum penetapan kelulusan. Nah pada saringan terakhir ini, kadang diketahui ada pelamar SNM PTN yang sengaja mengatrol nilai rapor. Peran nilai rapor dalam penentu kelulusan SNMPTN sangat strategis karena memilih porsi yang besar.

Bambang menjelaskan hingga saat ini masing-masing PTN belum melaporkan temuan-temuan kecurangan selama masa daftar ulang SNMPTN.

"Kita harus hati-hati memutuskannya, karena menyangkut nasib pelamar," kata Bambang.

Karena sifatnya yang penting, keputusan perbuatan pengatrolan nilai ditetapkan dalam rapat pimpinan panitia SNMPTN.

Sementara itu, Bambang juga menuturkan perkembangan pelaksanaan SBM PTN 2014. Seperti diketahui tes tulis SBMPTN digelar 17 Juni lalu. Sampai saat ini proses pengolahan lembar jawaban komputer masih berlangsung. Bambang mengatakan panitia masih optimis jadwal pengumuman kelulusan SBMPTN tetap dilaksanakan pada 16 Juli nanti. [wan/jpnn]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Toleransi Bagi yang Belum Daftar Ulang SNMPTN Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah