728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 9 July 2014

PDIP Ngambek Karena Puan Gagal Jadi Ketua DPR?


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta -
UU No.27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), telah disahkan dalam Paripurna DPR, Selasa (8/7/2014) setelah pembahasan revisi dilakukan di Pansus. Point krusialnya, partai pemenang pemilu, tidak otomatis menjadi Ketua DPR. Peluang Puan Maharani terganjal?

PDI Perjuangan adalah partai yang memenangkan pemilu legislatif 2014 dengan total raihan suara sebanyak 23.681.471 suara (18,95%).

Dua kali pemilu legislatif secara langsung, Ketua DPR otomatis dijabat pemenang pemilu. Pada 2004-2009 Ketua DPR Agung Laksono, karena Golkar pemenangnya. Periode 2009-2014 Marzuki Alie menjabat sebagai ketua, karena Partai Demokrat pemenangnya.

Dua kali Ketua DPR dijabat oleh partai pemenang berdasarkan UU MD3, namun untuk periode 2014-2019, harus dipilih oleh 560 anggota DPR, dengan sistem paket.

Disahkannya revisi UU MD3, yang mana Ketua DPR tidak otomatis dijabat partai pemenang pemilu, merugikan PDI Perjuangan. Namun, ada kisah di balik ngambek-nya partai berlambang kepala banteng ini.

Untuk periode 2014-2019, PDIP sudah memasang Ketua Bapilu partai, Puan Maharani, sebagai Ketua DPR. Itu berarti, peluang Puan menjabat kursi DPR-1 ini, terganjal.

Sumber INILAHCOM mengungkapkan, beberapa elite PDI Perjuangan sebenarnya sudah melakukan lobi politik ke pimpinan fraksi di DPR, sebelum revisi ini disahkan.

Bahkan, informasi yang diterima menyebut Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati langsung menghubungi Ketua DPR Marzuki Alie.

Termasuk, Wakil Ketua DPR Pramono Anung turun tangan dan melakukan lobi-lobi ke pimpinan fraksi.

"Mas Pramono telepon untuk mendukung alternatif yang dipilih PDI Perjuangan," ungkap salah satu pimpinan fraksi.

Pasal 82 UU MD3 ini yang mengatur mekanisme pemilihan pimpinan DPR. Disebut-sebut, revisi ini sebagai upaya menjegal Puan yang disebut-sebut bakal menjadi Ketua DPR RI. [gus/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: PDIP Ngambek Karena Puan Gagal Jadi Ketua DPR? Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah