728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 11 July 2014

Terbukti, Rekam Jejak Survei IRC Lebih Akurat dari SMRC

 

MUHARRIKDAKWAH - Indonesia Research Centre (IRC) menjawab keraguan sebagian publik terkait kredibilitas lembaga tersebut. Keraguan terutama banyak disampaikan kubu Jokowi-JK karena hasil quick count yang dirilis IRC menempatkan pasangan Prabowo-Hatta sebagai pemenang Pilpres.

"Hasil survei kami selama ini selalu mendekati hasil perolehan suara berdasarkan rekapitulasi KPU," ujar peneliti IRC, Natalia Christanto, kepada wartawan di Jakarta, hari ini (Jumat, 11/7).

IRC merilis hasil quick count Pilpres dengan perolehan suara Prabowo-Hatta 51,11 persen sementara Joko Widodo-Jusuf Kalla 48,89 persen. Setelah merilis ini, IRC dicerca pendukung Jokowi-JK dan lembaga survei lain yang jelas-jelas pemimpinnya menyatakan berafiliasi dengan Jokowi-JK.

Natalia mengatakan kegiatan survei yang dilakukan lembaganya bisa dibandingkan dengan survei yang dilakukan lembaga lain yang diklaim lebih kredibel, misalnya Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Dalam pilpres kemarin quick count SMRC yang nyata-nyata diakui Saiful Mujani menunjukkan, pasangan capres Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan perbandingan 47,2 persen lawan 52,8 persen.

IRC dan SMRC sama-sama memotret pertarungan head to head saat Pilkada di Bali. Hasil hitung cepat versi SMRC akhir 2013 lalu memenangkan pasangan nomor urut 1 Anak Agung Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dengan perolehan suara 50,31%, sedangkan pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta memperoleh suara 49,69%.

Sebaliknya, berdasarkan hasil quick count IRC, pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta menang dengan memperoleh suara 50,01% sementara pasangan Anak Agung Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan memperoleh 49,99% suara.

Hasilnya, cerita Natalia, KPUD Bali mengeluarkan hasil perhitungannya dan menetapkan pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta sebagai pemenang.

Keakuratan quick count IRC ketimbang SMRC yang jelas-jelas pemimpinnya mengakui berafiliasi politik ke Jokowi-JK juga nampak dari hasil quick count di Pilkada Jateng. Saat itu IRC merilis pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko menang dengan memperoleh suara 47.69%, adapun SMRC menyatakan pasangan yang disokong PDIP itu memperoleh suara 50.03%.

"Hasil survei kami yang lebih mendekati perolehan tang ditetapkan KPUD. KPUD memenangkan Ganjar-Heru dengan perolehan suara 48.82%," kata Natalia.

"Jangan ragukan rekam jejak kami. Kami telah membuktikan lebih akurat," sambung dia. [dem/rmol]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Terbukti, Rekam Jejak Survei IRC Lebih Akurat dari SMRC Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah