728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 15 August 2014

Ahli: KPU Langgar Kode Etik


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Ahli yang diajukan Tim Prabowo-Hatta, Margarito Kamis mengatakan pembongkaran kotak suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah rekapitulasi suara nasional Pilpres 2014, telah melanggar kode etik.

Itu dikatakan Margarito, menyikapi protes kubu Prabowo-Hatta dan disidangkan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Setelah rekapitulasi suara nasional, pembukaan kotak suara bukan bagian KPU tapi MK. Jadi itu tidak sah karena ada pelanggaran etik," ujar Margarito, di sela-sela sidang DKPP di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (15/8/2014).

Pakar hukum tata negara tersebut menilai, ada keraguan dari KPU dalam pembongkaran kotak suara. Kalau KPU percaya diri, lanjut dia, tidak seharusnya KPU meminta izin ke MK. Itu berarti, KPU merasa salah telah membongkar kotak suara tersebut.

"Kalau memang kotak suara punya dia (KPU), kenapa setalah membongkar, KPU meminta izin kepada MK? Berarti mereka punya keragu-raguan dalam melakukan itu," katanya.

Pembongkaran kotak suara Pilpres 2014, setelah Prabowo-Hatta mengajukan gugatan hasil Pilpres 2014 ke MK.

Seperti diketahui, MK baru memperbolehkan KPU untuk membuka kotak suara mulai dari tanggal 8 Agustus 2014. Sedangkan yang dilakukan sebelum tanggal tersebut, MK akan mempertimbangkan dan ditetapkan pada putusan akhir. [gus/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ahli: KPU Langgar Kode Etik Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah