728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 27 August 2014

"Hamas Menang!"

Pasukan Hamas bergembira setelah gencatan senjata di Gaza. - dailycaller.com
MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Warga Palestina kembali turun ke jalan-jalan di Gaza. Namun kali ini tidak terlihat kesedihan dan kecemasan di wajah mereka, semuanya berganti dengan keceriaan dan kegembiraan. Semua terjadi setelah Pemerintah Israel dan Hamas menyepakati perjanjian gencatan senjata secara permanen.

Hari Selasa (26/8/2014) kemarin, akan menjadi hari yang selalu dikenang oleh warga Palestina. Hari dimana mereka bisa kembali bermimpi dan melanjutkan cita-cita mereka, karena mungkin tidak akan ada lagi serangan brutal dari tentara Israel ke tempat tinggal dan merenggut nyawa keluarga dan saudara-saudara mereka. Karena hari Selasa kemarin, akan dikenang sebagai hari kemenangan bagi rakyat Palestina.

"Ini adalah hari kemenangan bagi warga kami," ujar juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum.

Fawzi memberikan pujian atas ketabahan dan perjuangan yang dilakukan oleh seluruh warga Palestina. Ia menilai ketabahan dan perjuangan yang ditunjukan oleh warga Palestina telah berhasil membuat Israel menyetujui kesepakatan gencatan senjata secara permanen.

Perjanjian gencatan senjata secara permanen yang disepakati oleh Israel dan Palestina sejak pukul 16.00 waktu setempat langsung disambut suka cita oleh warga Palestina. Mereka turun ke jalan-jalan yang selama ini dihantui oleh serangan rudal-rudal Israel sambil mengacungkan dua jari tangan membentuk huruf V, sebagai tanda kemenangan (victory) Palestina atas Israel.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan gencatan senjata permanen ini, merupakan kesempatan untuk membangun sebuah bangsa dan menghentikan penjajahan. "Kami akan membangun kembali negara kami yang merdeka," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Mesir, Qatar dan Amerika Serikat atas peran mereka menjadi perantara dalam pembicaran tidak langsung antara Palestina dan mesir di Kairo.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Mesir, dan siapapun yang telah memberikan dukungan dan usaha hingga kesepakatan ini terjadi dan mengakhiri agresi (Israel)," katanya di Tepi Barat.

Kemenangan warga Palestina yang pertama, akan dirayakan dengan menikmati bantuan kemanusian yang datang dari berbagai belahan dunia. Sebab dalam perjanjian gencatan senjata, Israel sepakat akan melonggarkan blokade untuk masuk ke Gaza. Israel juga akan mencabut embargo di lima pos perbatasan salah satunya di Rafah.

Setelah dicapainnya kesepakan ini, warga Palestina juga bisa kembali memenuhi kebutuhan pangan mereka, khususnya dari sektor perikanan. Sebab Israel juga sepakat akan mencabut pembatasan area memancing bagi nelayan Palestina hingga sejauh 6 mil dari tepi pantai.

Bukan hanya itu saja jika pembicaraan lanjutan antara Israel dan Palestina dalam waktu dekat berhasil, maka warga Palestina akan mempunyai pelabuhan dan bandar udara. Tentu saja hal ini akan membawa dampak positif yang lebih besar bagi masa depan bangsa Palestina.

"Pada akhirnya, Israel hanya mempunyai dua pilihan menerukan usaha untuk menduduki Gaza dan terus bertempur sengit dengan Hamas atau menyepakati gencatan senjata permanen," ujar salah seorang pemimpin senior Israel yang tidak menyebutkan namanya, menanggapi gencatan senjata permanen itu.

"Sekali kami memutuskan untuk tidak menduduki Gaza, maka kami akan berusaha untuk tetap menjaga kesepakatan gencatan senjata dan mengakhiri permusuhan sejak 2012," ujar dia.[bay/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: "Hamas Menang!" Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah