728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 8 August 2014

MK Bisa Batalkan Pemenang Pilpres Versi KPU


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Surat perintah Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membongkar kotak suara sebagai bukti terjadinya dugaan kecurangan pilpres 2014. Pembongkaran kotak suara itu bisa dijadikan sebagai bukti pelanggaran ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Pakar hukum Saiful Bahri mengatakan, pembongkaran kotak suara ini dapat dijadikan alat bukti dalam persidangan di MK. Dimana terdapat lima saksi yang dapat diajukan dari pemohon di antaranya saksi fakta dan saksi ahli.

Saiful mengatakan, ada dua unsur yang bisa diputuskan MK terkait persidangan sengketa pilpres. MK bisa saja memutuskan untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU).

"Kedua, yang jarang ditempuh di berbagai negara dengan mendiskualifikasi salah satu pasangan kemudian memenangkan pasangan lain," tegas Ketua bidang Hukum Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) itu.

Saiful yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) mengatakan, Surat Edaran Nomor 1446/KPU/VII/2014 yang dikeluarkan KPU tanggal 25 Juli 2014 telah melanggar aturan pemilu.

"Tanggal 22 Juli seluruh tahapan penyelenggaraan pilpres sudah selesai dilaksanakan dan hasilnya telah ditetapkan KPU. Seluruh kotak suata yang berisi dokumen pemilu harusnya tidak bisa dibuka kecuali atas perintah MK," kata Saiful. [ris/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: MK Bisa Batalkan Pemenang Pilpres Versi KPU Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah