728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 27 August 2014

PDIP Tak Takut Kekuatan Koalisi Merah Putih di DPR


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - PDI Perjuangan tidak takut dengan komposisi koalisi di parlemen atau DPR. Walau dalam hitung-hitungan presentase, koalisi Jokowi-JK kalah suara dibanding Koalisi Merah Putih.

Kekuatan Koalisi Merah Putih di DPR, awalnya kalau dihitung dari keanggotaan maka terdapat 292 (48,93%) anggota DPR, yang merupakan gabungan dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan dan Sejahterah, Partai Persatuan Pembangunan. Sementara Partai Bulan Bintang (PBB) tidak masuk parlemen. Belakangan, Partai Demokrat bergabung.

Dengan begitu, total suara yang dikuasai Koalisi Merah Putih mencapai 353 anggota DPR atau 63% suara parlemen.

Sementara kekuatan pendukung Jokowi-JK di parlemen, hanya 37% atau 207 kursi. Ini merupakan gabungan dari PDIP, NasDem, Hanura, PKB. Sementara PKPI tidak punya suara di parlemen.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, bahwa tidak ada kekhawatiran terkait kekuatan legislatif atau suara mayoritas yang ada di DPR, di luar pemerintah (Jokowi-JK). Dia yakin, kekuatan rakyat bisa mengalahkan kekuatan DPR.

"Karena dalam amanat konstitusi UUD 1945 dijelaskan kekuatan rakyat lah yang luar biasa. Dan DPR hanyalah sebagai perantara suara rakyat itu," katanya.

Sejauh ini, tarik ulur masih terjadi. Dari beberapa pihak di Koalisi Jokowi-JK mengaku PPP dan Golkar siap masuk dalam pemerintahan, bahkan termasuk Demokrat. Pernyataan itu dibantah oleh Koalisi Merah Putih. [gus/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: PDIP Tak Takut Kekuatan Koalisi Merah Putih di DPR Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah