728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 23 August 2014

Putuskan Sengketa Pilpres, Ketua MK Ngaku Beban Semakin Ringan


MUHARRIKDAKWAH, Denpasar - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva mengaku memiliki beban moral berat dalam memutus perkara sengketa pilpres. Bahkan, ia merasa memiliki beban yang begitu berat.

Usai memutus perkara sengketa pilpres, Hamdan mengaku bebannya menjadi ringan. Ia merasa telah melewati fase krusial tugas yang menurutnya begitu berat.

"Sebelumnya kemarin saya merasa bebannya berat, karena banyak sekali yang harus dipikirkan, dikerjakan, mengingat tanggung jawabnya sangat besar. Setelah ketok palu, rasa-rasanya plong," ujar Hamdan di Denpasar, Jumat (22/8/2014).

Hamdan beralasan, keputusan MK yang menolak permohonan Prabowo-Hatta lantaran tidak ada alasan dan bukti yang signifikan yang bisa membatalkan hasil pemilu.

"MK tidak bisa membatalkan hanya gara-gara 1, 10 atau bahkan 100 money politics, karena itu tidak signifikan. Dan, pelanggaran-pelanggaran itu ada mekanismenya, diselesaikan di pengadilan misalnya. MK hanya menilai apa bisa pelanggaran itu membatalkan hasil pemilu atau tidak dan ternyata kemarin tidak," jelasnya.

Hamdan memandang, putusan MK soal sengketa pilpres kemarin akan menjadi sejarah bangsa.

"Baru sekarang ini kan ada dua kandidat yang bertarung. Ini adalah sejarah dan dengan kejadian ini di masa mendatang, jika terjadi kembali akan lebih mudah kita antisipasi," jelas Hamdan.

Dalam kesempatan mengisi kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Udayana (Unud) Denpasar, Hamdan banyak menuturkan soal keputusan lembaganya terkait sengketa pilpres dua hari lalu. Ia mengaku harus melewati rintangan sulit untuk bisa hadir mengisi pekan konstitusi serangkaian Jubelium Emas Fakultas Hukum Unud.

"Saya ke sini penuh perjuangan. Kemarin, saya tidak bisa prediksi apa putusan sengketa pilpres. Dan syukur, semua aman dan baik, sehingga hari ini bisa bertemu calon-calon sarjana hukum di Bali," tandasnya. [bay/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Putuskan Sengketa Pilpres, Ketua MK Ngaku Beban Semakin Ringan Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah