728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 29 August 2014

Turki Bergerak ke Sistem Pemerintahan Presidensial


MUHARRIKDAKWAH, Ankara – Perdana Menteri Turki terpilih Ahmet Davutoglu, Jumat (29/8/2014) ini akan mengumumkan kabinetnya, setelah Presiden Tayyip Erdogan diambil sumpanhnya .

Kemungkinan Erdogan dan Davutoglu tak akan mengubah secara signifikan arah kebijakannya.

Davutoglu dijadwalkan tiba di istana kepresidenan untuk menyampaikan daftar anggota kabinetnya pada 11:30 waktu Ankara atau 15:30 WIB, dan dilanjutkan dengan kobnnferesi pers satu jam kemudian.

Tim ekonomi yang sekarang, termasuk Deputi PM Ali Babaca dan Menteri Keuangan Mehmet Simsek, kemungkinan tetap di posisinya. Menteri Uni Eropa Mevlut Cavusoglu didesas-desukkan akan menjabat sebagai menteri luar negeri.

Pembantu Erdogan, Yalcin Akdogan, kemungkinan masuk kabinet, setidaknya memangku jabatan deputi PM.

Erdogan, yang menjabat perdana menteri sejak 2003, memenangi pilpres yang diumumkan Kamis kemarin, menjadikannya sebagai pemimpin kuat Turki pada saat ini. Para lawan politiknya takut Erdogan menjalankan kebijakan yang otoriter.

“Pintu Kebesaran Turki sudah dibuka,” tulis headline di koran Sabah, Jumat, yang dalam editorialnya mengenai masa peralihan kekuasaan tersebut sama dengan yang ditulis sejumlah koran yang pro-pemerintah.

Namun koran Sozcu yang keras mengkritik Erdogan, menyatakan “Erdogan tak akan memegang sumpahnya,” merujuk pada janjinya di parlemen yang terikat dengan prinsip-prinsip sekuler pendiri Republik Turki moderen, Mustafa Kemal Ataturk.

Para musuh bebuyutan Erdogan mengingatkan bahwa akar politik Islam Erdogan berarti langkahnya menjadi presiden akan memperlebar pengaruh keagamaannya ke dalam kehidupan rakyat Turki.

Kemenangan Erdogan dalam pilpres langsung pertama pada bulan ini memberikan mandat kepadanya untuk mengemban misi mentransformasikan Turki di dalam negeri dan sebagai kekuatan regional.

Erdogan menggariskan rencana jelasnya untuk menegakkan sistem presidensial yang bisa mempeluas perannya dalam politik Turki masa kini. [inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Turki Bergerak ke Sistem Pemerintahan Presidensial Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah