728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 23 August 2014

Ujian Pertama Koalisi Merah Putih


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Ujian pertama bagi Koalisi Merah Putih adalah bagaimana merespon keputusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh permohonan gugatan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Apa yang terjadi?

Koalisi Merah Putih sudah merespon dengan cepat pasca putusan MK yang memenangkan kubu Jokowi-JK itu, dengan beberapa langkah: Pertama, Koalisi Merah Putih tetap akan mengawal pemerintahan dengan langkah hukum maupun politik.Koalisi ini mengakui putusan MK dengan satu catatan.

"Yakni MK tidak mengindahkan keterangan saksi dan bukti secara mendalam," tegasTantowi di Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014) malam. Pihak Prabowo-Hatta itu mengeluarkan pernyataan sikap yang menyebutkan putusan MK tidak mencerminkan keadilan substansif.

Kedua, Koalisi Merah Putih menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus membangun kerja sama yang solid, meski berada di luar pemerintahan. Mereka juga mengaku memiliki semangat agar Indonesia menjadi negara berdaulat, adil, dan makmur.

"Seperti diutarakan Bung Karno, kita lebih baik makan gaplek tapi terhormat dari pada makan bistik tapi budak," kata Penasihat Tim Koalisi Merah Putih, Akbar Tandjung .

Ketiga, Tim Koalisi Merah Putih menyatakan telah menyepakati untuk mencari sebuah tempat berkumpul agar bisa senantiasa berkonsolidasi dalam sebuah kelompok oposisi di luar pemerintahan ke depan. Keempat, partai-partai dalam Koalisi Merah Putih akan memperkuat sistem demokrasi dan membangun soliditas bersama.

Kini publik menanti konsistensi langkah Koalisi Merah Putih untuk tetap solid dan komit dalam mengawal jalannya pemerintahan, mendayagunakan mekanisme checks and balances. Kalau sampai ada parpol anggota koalisi yang membelot ke kubu Jokowi-JK, itu berarti ada penyimpangan perilaku politik dan bakal menimbulkan bau sangit politik transaksional yang mengganggu.

Sekali lagi, kini konsistensi dan daya tahan Koalisi Merah Putih diuji. Sampai kapan dan sampai dimana? Hanya Kaolisi Merah Putih sendiri yang bisa menjawabnya. [berbagai sumber/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ujian Pertama Koalisi Merah Putih Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah