728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 26 September 2014

Gubernur Riau Terima Suap Rp2 Miliar


MUHARRIKDAKWAH,Jakarta – Tersangka Annas Maamun, selaku Gubernur Riau diduga menerima suap senilai 156 ribu dollar Singapura dan Rp500 juta, atau setara dengan Rp2 miliar.

Uang itu diterima Annas, terkait perizinan lahan hutan dan ijon proyek lainnya.

Hal itu dikatakan Ketua KPK Abraham Samad, saat jumpa pers terkait penetapan status tersangka terhadap politikus Partai Golkar, di kantornya, Jumat (26/9/2014).

"Jumlah keseluruhan alat bukti kurang lebih kalau di kurskan Rp2 miliar," kata Samad.

Menurut Samad, uang itu diberikan oleh pengusaha bernama Gulat Mendali Emas Manurung (GM). Suap itu diberikan Gulat kepada Annas, karena mengininkan alih izin hutan industri ke hutan peruntukan lainnya (HPL).

"Pemberian dilakukan GM, pengusaha kelapa sawit berkaitan proses alih fungsi hutan, yang bersangkutan punya kebun kelapa swait 140 hektar," ujar Samad.

KPK, kata Samad, hanya menetapkan dua orang sebagai tersangka dari 9 orang yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT). Dengan begitu, tujuh orang lainnya dilepaskan.

Namun demikian, lanjut Samad, kasus ini masih dikembangkan. Dengan itu tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus ini.

"Tapi dalam perkembangan kasus ini tidak menutup kemungkinan kasus ini masih bisa dikembangkan. Menurut penyidik masih perlu dikembangkan," kata Samad.

Seperti diberitakan, dalam kasus ini, KPK menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah Gubernur Riau Annas Maamun dan pengusaha kelapa sawit Gulat Mendali Emas Manurung.

Atas perbuatannya Anas dijerat dengan pasal 12 huruf a atau 12 huruf b atau pasal 11 UU tipikor. Sedangkan Gulat disangka melanggar pasal 5 huruf a atau huruf b UU Tindak Pidana Korupsi. [gus/inilahcom]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gubernur Riau Terima Suap Rp2 Miliar Rating: 5 Reviewed By: Unknown