728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 29 November 2014

Dampak Kenaikkan BBM, Penduduk Miskin Indonesia Naik


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Danpak kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak juga akan disusul dengan penghapusan subsidi gas ukuran 3 kg serta kenaikkan TDL dalam waktu dekat membuat jumlah penduduk miskin di Indonesia dipastikan bertambah.

Pengamat Institut Ekonomi Politik (IEPSH) M Hatta Taliwang mengatakan kenaikkan BBM saja sudah membuat tercekik. Apalagi dihapusnya subsidi gas dan TDL juga ikut naik membuat orang menengah menjadi miskin dan orang miskin semakin melarat.

"Dampaknya akan sangat berat, terutama bagi orang miskin, Kalau bagi orang kaya sih nggak dampak, apalagi Permium naik, Pertamak turun harga, enak bener jadi orang kaya," jelasnya.

Kenaikkan harga BBM ini dipastikan akan menambah jumlah orang miskin. Jika menggunakan data yang pernah disampaikan Mantan Menteri Keuangan di era Gus Dur, Fuad Bawadzier jumlah penduduk miskin Indonesia mencapai 144 juta jiwa. Sementara itu Data dari pengamat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamudin Daeng jumlah orang miskin mencapai 120 juta jiwa. "Jumlah ini memang jauh lebih besar dari data pemerintah yang mengatakan jumlah orang miskin hanya 30-40 juta jiwa. Tapi anehnya, tak kurang dari 80 ribu orang miskin terdaftar dalam Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat)," jelasnya.

"Saya rasa dampak dari kenaikkan BBM, Gas dan TDL ini membuat jumlah orang miskin naik minimal 25% dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 62 juta atau setara dengan jumlah penduduk Thailand," pungkasnya. [fastnewsindonesia]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Dampak Kenaikkan BBM, Penduduk Miskin Indonesia Naik Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah