728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 14 November 2014

Geger, Cahaya Putih di Pantai Wediombo Gunungkidul

Beberapa warga dan Komandan SAR Satlinmas Wilayah I Handoko mencoba melihat lagi fenomena cahaya putih di Pantai Wediombo, Jepitu, Girisubo, Selasa (11/11/2014) malam. - harianjogja.com
MUHARRIKDAKWAH, Gunungkidul - Warga Desa Jepitu dibuat heboh dengan fenomena munculnya cahaya putih di Pantai Wediombo, Jepitu, Girisubo.

Salah satu warga Kamal, 30, mengatakan, fenomena tersebut mulai diketahui warga pada Minggu (9/11/2014) malam. Awalnya, ia mendapatkan kabar tersebut dari tetangganya bernama Sulardi yang merupakan nelayan dan Anggota Search And Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah I Gunungkidul.

“Awalnya saya tidak percaya. Saya kira cuma hewan atau apa. Tapi, saya penasaran juga,” ujar dia ketika ditemui di Pantai Wediombo, Jepitu, Girisubo.

Lantaran penasaran, Kamal pun datang ke Pantai Wediombo pada Senin (10/11/2014) malam. Ia mengaku, merasa ditipu oleh matanya.

Pada pukul 19.30, ia melihat fenomena aneh tersebut. Dari keterangannya, cahaya putih itu muncul dari dasar laut namun tidak sampai keluar permukaan air.

“Besar sekali, kira-kira lima kali bus. Cahaya itu berbentuk pusaran. Warnanya putih dan mutar terus,” imbuh dia.

Ia menambahkan, pusaran cahaya putih itu kemudian melemparkan bola-bola cahaya ke berbagai arah. Namun, menurut pengakuannya, bola cahaya yang dilontarkan itu tidak sampai keluar permukaan air.

“Saya takut sekali karena baru sekali ini ada kejadian seperti itu. Pak Sulardi juga sampai gemetaran waktu lihat cahaya aneh itu,” imbuh dia.

Sejumlah pakar geofisika Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan penjelasan terkait fenomena cahaya putih yang terlihat di Pantai Wediombo, Gunungkidul, Selasa (11/11/2014). Setidaknya, ada dua kemungkinan yang mendasari adanya fenomena itu.

Kabul Basah Suryolelono, pakar geofisika mengungkapkan fenomena pancaran cahaya hewan laut sebenarnya sudah biasa terjadi di wilayah pantai.

“Dalam suatu waktu hewan laut kerap berkumpul di area dekat bibir pantai. Karakter hewan laut selalu bergerombol, jumlahnya bisa jutaan sehingga dengan jumlah sangat banyak ini maka sinar dari fosfor yang memantul ke atas bisa seperti lampu yang memancar di kegelapan,” paparnya, Kamis (13/11/2014).

Kendati begitu, dia memerlukan data visual untuk mengungkap fakta lebih jelas di balik fenomena itu.

“Tidak bisa hanya lewat sumber-sumber ini-itu, untuk menjawab hal yang sebenarnya peneliti butuh visualnya,” papar dia. [harianjogja/inilahcom]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Geger, Cahaya Putih di Pantai Wediombo Gunungkidul Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah