728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 8 November 2014

Kemendag Awasi 218 Produk Yang Tak Berlabel SNI


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta -
Kementerian Perdagangan (Kemendag) awasi 218 produk yang melanggar ketentuan SNI, 89 di antaranya dipastikan melanggar dan terancam ditindak tegas.

Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Widodo mengatakan setiap produk yang dibelakukan SNI harus dibubuhi tanda SNI dan label berbahas Indonesia bila diperdagangan, terdapat 106 produk yang terdiri dari 122 berlabel SNI.

"Pada periode Januari hingga Agustus 2014 terdapat 218 produk yang diawasi. Dari jumlah tersebut terdapat 60 produk (33 SNI, 13 label, dan 14 MKG) sudah sesuai ketentuan, terdiri dari 39 produk dalam negeri dan 21 impor," ujar Widodo di Jakarta, Jumat (07/11/2014).

Pasalnya produk yang diduga tidak sesuai sebesar 89 produk (17 SNI, 49 label, dan 23 MKG) yang terdiri dari 22 produk dalam negeri dan 67 impor. Sisanya, sebesar 69 produk masih dalam proses pengujian di laboratorium.

Ia mengatakan saat melakukan sidak di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dan ditemukan beberapa produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan.

"Produk itu berupa helm kendaraan bermotor roda dua (2 merek), penanak nasi/ rice cooker (3 merek), kipas angin (1 merek), setrika listrik (1 merek), dan telepon seluler (2 merek)," jelas dia.

Nantinya, kata dia, produk yang tidak sesuai dengan ketentuan akan dilakukan penegakan hukum seperti penarikan barang. "Terhadap produk yang tidak sesuai ketentuan tersebut telah dilakukan teguran tertulis maupun proses penegakan hukum, seperti perintah penarikan barang, pelimpahan berkas ke kejaksaan, dan penyitaan produk," tutur dia. [aji/inilahcom]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kemendag Awasi 218 Produk Yang Tak Berlabel SNI Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah