728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 14 November 2014

KIH Giring Pemerintahan Kembali ke Era Orba


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta -
Kesepakatan damai antara Koalisi Merah Putih (KMP) dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), harus tertunda lantaran partai koalisi pendukung Jokowi itu meminta tambahan jatah.

Setelah KMP setuju untuk memberi posisi wakil ketua komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya di DPR, KIH minta revisi UU dan Tata Tertib DPR.

Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy mengatakan, permintaan tambahan KIH itu berlebihan. Apalagi meminta revisi pasal-pasal yang menguatkan DPR.

"Revisi terhadap pasal 98 ayat 6, 7, 8, UU Nomor 17/2014 tentang MD3 (MPR, DPR, DPD, dan DPRD) dan pasal 60 Tata Tertib DPR yang mengatur penggunaan hak anggota di komisi akan mengembalikan kita ke Orde Baru," kata Aboebakar, dalam keterangan persnya, Kamis (13/11/2014).

Menurut dia, revisi pasal-pasal itu sama saja melemahkan DPR. Itu yang terjadi era Orde Baru, sehingga kekuasaan dan kekuatan penuh dipegang oleh presiden.

Menurut Aboebakar, kalau revisi pasal-pasal tersebut maka sama saja kembali ke Orde Baru.

"Kita akan mundur kebelakang, dan kembali memposisikan DPR yang menjadi macan ompong. Jangan heran bila nanti DPR akan kembali sekadar menjadi lembaga stempel belaka, karena kewenangan utamanya melalui hak menyatakan pendapat, hak interpelasi dan hak angket akan dipangkas," jelas politikus asal Kalimantan ini.

Dia menilai ada ketakutan besar dari partai pendukung Jokowi ini. Aboe menyoroti kartu sakti Jokowi yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), akan menjadi masalah di DPR. Karena KIH sadar banyak kelemahannya, terutama soal sumber dana dan payung hukumnya.

"Saya rasa ini adalah bentuk ketakutan yang luar biasa atas salah urus kartu sakti kemarin, sehingga hak-hak DPR itu harus dipangkas," katanya.

Lanjut dia, ini juga keanehan yang luar biasa. Dimana tanpa ada usulan atau desakan dari pihak manapun, ada anggota DPR yang mengusulkan untuk memangkas kewenangannya sendiri.

"Saya benar-benar tak paham dengan logika yang dipakai," kata Aboebakar.[ris/inilahcom]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: KIH Giring Pemerintahan Kembali ke Era Orba Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah