728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 10 November 2014

Lelang Infrastruktur Jabar Dipercepat


MUHARRIKDAKWAH, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempercepat jadwal lelang infrastruktur besar pada awal 2015 mendatang.

Hal tersebut merupakan salah satu strategi jika nanti ada beberapa proyek infrastuktur gagal lelang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku, proses lelang mulai dilakukan pada Januari-Februari 2015. Pasalnya, pada 2015 Pemprov Jabar banyak rencana untuk membangun proyek infrastruktur.

"Secara aturan bisa meskipun APBD 2015 belum disahkan," tutur Heryawan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/9/2014).

Kendati begitu, pihaknya akan mencatat apa saja tender infrastruktur yang akan dilelang. Jika tender tersebut tidak tercantum dan perubahan dalam evaluasi APBD baik dari DPRD Jabar ataupun Kementerian Dalam Negeri tender tersebut akan dibatalkan.

"Karena seringkali ada tender gagal makan 2015 akan dimajukan," tutur dia.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan banyaknya tender gagal diakibatkan minimnya peminat lelang meskipun Jabar sudah memakai lelang elektronik (LPSE).

Aher menyatakan, seringkali ada peminat tapi tidak memenuhi kualifikasi Pemprov Jabar.

"Ada juga peminat yang menawarkan harga terlalu rendah. Contohnya tender renovasi Lapangan Gasibu itu miliaran, tapi ada yang nawar hingga 50%," tutur dia.

Aher menyatakan para peserta tender akan mengikuti kualifikasi yang diterapkan Pemprov Jabar jika tender dipercepat. Jika tender pada Januari-Februari maka tender rutin yang rutin digelar April 2015.

"Artinya jika gagal di awal masih ada waktu cukup luang. Tapi kalau awal tender di bulan Juli itu tidak akan tercapai," kata dia.

Mengingat, lanjut Aher, 2015 Pemprov Jabar geber pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 yang berjumlah puluhan miliar, renovasi Lapangan Gasibu, TPPAS Legok Nangka dan lain-lain.

"Tapi tidak semua tender infrastruktur akan dimajukan karena dari sisi anggaran cash flowPemprov Jabar tidak kuat. Tapi kalau untuk PON kita masih bisa membayar meski APBD belum diketok," tutur dia.

Ditempat yang sama, Sekda Jabar Wawan Ridwan mengatakan Pemprov Jabar belajar dari pengesahan APBD Perubahan 2014 yang terlambat dan membuat sejumlah lelang dibatalkan. Padahal secara aturan tidak masalah lelang dipercepat.

"Harus bisa lelang pada Januari-Februari. Kita sudah menghitung lelang di awal tahun ideal hingga APBD disahkan dan Perda mengenai APBD 2015 keluar," tutur Wawan.

Menurut dia, pembayaran akan tetap menunggu penggagaran yang disahkan DPRD Jabar. Sementara tender fisik sudah bisa berjalan di awal tahun karena dari sisi pembebasan lahan sudah diselesaikan pada November 2014 ini.

"Meski APBD Perubahan telat disahkan dan mepet, uang ganti rugi lahan sudah disiapkan di APBD murni 2014," tutup dia. [gus/inilahcom]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lelang Infrastruktur Jabar Dipercepat Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah