728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 13 November 2014

Penyelenggaraan KTT Para Pemimpin Muslim Amerika Latin DI Istanbul


MUHARRIKDAKWAH - Kegiatan KTT para pemimpin Muslim Amerika Latin di mulai Rabu hari ini di Istanbul yang dihadiri langsung oleh Presiden Turki Rajab Tayeb Erdogan dan PM Ahmed Davutoglu.

KTT ini diikuti oleh 76 ketua yayasan-yayasan Islam dan pemimpin-pemimpin keagamaan dari 40 negara, diantaranya Brasil, Argentina, Venezuela, Chili, Mexico, Suriname, Uruguai, Paraguai, Colombia, Bolivia, Panama, Nikaragua, Dominikan, Ecuador, Jamaica.

Dalam sambutannya pada pembukaan KTT, Direktur Eksekutif dan Pendiri The Council on American‑Islamic Relations, Nihad Awad menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Turki atas perannya yang sangat signifikan di dunia Islam dan kesiapannya dalam menampung jutaan pengungsi warga Suriah, dan terimakasih kepada Presiden Turki Erdogan atas sikap satrianya dalam membela Palestina.

Awad menyampaikan bahwa “jumlah warga Muslim di Amerika Serikat lebih dari delapan juta jiwa, dan Islam adalah agama yang paling cepat berkembang disana. Awad juga menjelaskan bahwa 27% dari rakyat Amerika memandang Islam secara positif, dan jumlah masjid mengalami penambahan sampai 74%”.

Disamping itu, Ketua Persatuan Ulama Islam Brazil, Khalid Rizq Takydin menekankan pentingnya KTT ini dan berharap dapat berperan untuk memperkuat relasi antara muslim sedunia.

Sementara Ketua Organisasi Islam Amerika Latin, Muhammad Yusuf Hajar mengatakan, “kita sedang memikul beban yang sangat berat untuk dapat menyebarkan nilai-nilai toleransi Islam dan wawasan keislaman dalam rangka menghadapi islamofobia”.

Hajar juga menekankan pentingnya melakukan pertemuan-pertemuan regional dan internasional dalam rangka menampilkan Islam dengan lebih baik dan lebih tepat lagi, sebagaimana Hajar juga menekankan pentingnya agar dunia islam secara keseluruhan dapat melakukan pertemuan-pertemuan lanjut untuk menyelesaikan berbagai problema yang dihadapi oleh minoritas muslim di Amerika Latin.

Sementara Ketua Lingkaran Islam Amerika Selatan, Naim Muhammad Paige menyampaikan berbagai amal dakwah yang sudah mereka lakukan untuk kaum muslimin berupa pengenalan Islam di Mexico dan negara-negara Amerika Selatan lainnya lewat dakwah cetak dan promosi-promosi lainnya.

Naim menyampaikan bahwa mereka menghadapi badai islamofobia begitu kerasnya. Naim menambahkan, “meskipun 220 yayasan islam sudah berdiri di Amerika, dan lebih dari 100 sekolah sudah berdiri, namun itu masih belum cukup. Kita harus menyampaikan Islam kepada warga Amerika dengan cara yang benar, disamping kita juga harus mengajarkannya kepada anak-anak kita”.

Departemen Agama Turki mengorganisir KTT ini untuk pertemuan para pemimpin Muslim Amerika Latin yang berlangsung selama lima hari (12-16 November) di Istanbul, sebagaimana yang disampaikan oleh Muhammed Kormaz, Kepala Bidang Agama Turki, kepada Anadolu. KTT ini diikuti oleh sejumlah besar diplomat, para petinggi dan para ahli dari Amerika Latin.

Kormaz mengatakan, “KTT ini akan membahas berbagai topik penting, antara lain: Islam dan Muslim di Amerika Latin, Bantuan-bantuan
keagamaan, tarbiah, dakwah, problematika ummat dan solusinya, kesempatan kerjasama, dan sumbangsih yang dapat diberikan oleh kementrian agama Turki kepada ummat Islam sedunia”. Seperti dilansir Anadolu, Rabu (12/11)-[Syaff]. [fimadani]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Penyelenggaraan KTT Para Pemimpin Muslim Amerika Latin DI Istanbul Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah