728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Monday, 24 November 2014

Sejumlah Siswa Ditangkap karena Berbuat Mesum

Aksi Mesum (ilustrasi)
MUHARRIKDAKWAH, Mataram - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Nusa Tenggara Barat H Ali Rahim merasa prihatin dengan adanya sejumlah siswa yang ditangkap karena diduga berbuat mesum di sejumlah losmen pada jam belajar.

"Apa yang menjadi temuan itu bukan sekolah yang harus jadi sasaran utama. Merah, kuning, hijau perilaku anak tergantung kesungguhan orang tua memberikan pembinaan di rumah," katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin.

Seperti diberitakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Lombok Barat, NTB, mengamankan tiga pasangan pelajar dan mahasiswa yang diduga berbuat mesum di sejumlah hotel melati di kawasan wisata Suranadi, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (20/11).

Selain mengamankan pasangan siswa diduga berbuat asusila, aparat juga mengamankan dua pelajar yang diduga bolos sekolah karena berada di sekitar lokasi taman wisata Suranadi, Kecamatan Lingsar, pada jam belajar.

Menurut Ali Rahim, apa yang diperbuat oleh para siswa tersebut diluar kontrol pihak sekolah karena diduga mereka dari rumah langsung menuju ke lokasi tempat mereka ditangkap aparat.

Berbeda halnya ketika mereka sudah ke sekolah, kemudian membolos, tentu menjadi tanggung jawab dari pihak sekolah.

Oleh sebab itu, menurutnya, wajar jika pihak sekolah memberikan sanksi hingga pemberhentian karena setiap sekolah sudah meminta para siswa dan orang tua untuk menandatangani surat pernyataan untuk tidak membuat pelanggaran yang mencoreng nama baik sekolah.

"Setiap tahun ajaran baru para siswa dan orang tuanya disodorkan surat pernyataan. Jadi jika ada pemecatan merupakan sebuah konsekuensi yang harus diterima," ucapnya.

Ia mengatakan, sekolah adalah tempat mencetak generasi penerus bangsa yang beriman dan bertakwa dengan dilandasi nilai-nilai budi pekerti yang luhur.

Para guru tentu tidak menginginkan anak didiknya terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif, namun di sisi lain mereka jug terbatas kemampuannya dalam mengawasi seluruh siswa yang jumlahnya mencapai ribuan orang dalam satu sekolah.

Oleh sebab itu, pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah, tapi
juga peran orang tua dan masyarakat yang lebih utama.

"Dalam waktu 24 jam, guru hanya bertanggung jawab enam jam di sekolah, sisanya 18 jam adalah tanggung jawab orang tua dan masyarakat," kata Ali Rahim. [Republika]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sejumlah Siswa Ditangkap karena Berbuat Mesum Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah