728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Thursday, 13 November 2014

Selain Syiah, Emilia Renita AZ Aktif Sebarkan Pluralisme


MUHARRIKDAKWAH - Emilia Renita AZ, istri dedengkot Syiah Jalaluddin Rahmat yang juga Ketua Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI), selain aktif mendakwahkan ajaran sesat Syiah, juga aktif menjajakan paham pluralisme. Ia dikenal kerap mendakwahkan ajaran Syiah, salah satunya adalah nikah mut’ah. (Baca Emilia Renita AZ: Nikah Mut’ah Solusi Menjaga Kesucian Wanita)

Namun begitu, sebagai istri Jalaluddin Rakhmat, ia sendiri tidak mau melakukan nikah mut’ah karena ia adalah seorang wanita yang menjaga iffah. (Baca Emilia Renita AZ Tidak Mau Mut’ah Karena Menjaga Kesucian)

Terhadap kaum Sunni, ia menyatakan bahwa ajaran-ajaran Sunni dan Syiah berbeda secara mendasar pada pokok-pokok ajarannya. Sehinga, ia berpendapat bahwa Sunni dan Syiah tidak meungkin bersatu.

“Biarlah perbedaan ini menjadi kekayaan khazanah Islam. Saya sepakat Sunni dan Syiah tidak mungkin bersatu,” katanya. (Baca Istri Kang Jalal, Emilia Renita AZ: Sunni dan Syiah Tidak Mungkin Bersatu)

Akrab dengan Kristen

Namun, prinsip hidupnya itu berbeda jika dihadapkan pada orang Non Muslim, Kristen misalnya. Ia malah mesra bersama mereka dan saling tolong-menolong.

Kepada Sinar Harapan, Emilia Renita tak gampang mengkafirkan orang. Sebaliknya, dari jerih payah dirinya banyak lahir perdamaian. Sejumlah gereja batal diserang karena keluwesan dan kepandaiannya melakukan dialog. Ia mengatakan, ketika dialog dengan kelompok garis keras, ia menggunakan sejarah bangsa, konstitusi, untuk membuka wawasan mereka.

“Contohnya saat di Cicalengka. Saya mulai dengan, Cicalengka itu ada di Jawa Barat. Saya tanya Jawa Barat itu masih Indonesia tidak? Saya lanjutkan lagi, Indonesia punya UUD dan Pancasila,” katanya.

Setelah itu, ia akan melanjutkan dengan menyentuh nurani mereka, menggunakan dalil-dalil.

“Saya cerita peristiwa Mubahalah, ketika Nabi membolehkan umat agama lain beribadah di masjid,” terangnya.


Perempuan dari empat anak ini mengatakan, mencintai sesama yang diyakini ajaran agamanya adalah mencintai tanpa memandang perbedaan apa pun, termasuk agama, suku, maupun golongan. Ia mengatakan, kewajibannya sebagai umat Islam adalah menolong siapa saja yang membutuhkan pertolongan, termasuk mereka yang miskin dan tertindas.

Sebagai perwujudan dari menjalankan kewajiban tersebut, ia mencontohkan, rumahnya terbuka luas bagi siapa pun yang membutuhkan pertolongan, termasuk untuk orang yang ingin mencari perlindungan. “Rumah saya terbuka untuk siapa pun, baik orang miskin, maupun orang yang terzalimi, misalnya orang Ahmadiyah,” tuturnya.

Pluralisme Haram

Majelis Ulama Indonesia sendiri pernah memfatwakan haramnya paham pluralisme yang artinya, adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif, oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah.

Pluralisme agama juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup berdampingan di surga.

MUI juga membedakan antara pluralisme dan pluralitas. Pluralitas agama didefinisikan sebagai sebuah kenyataan bahwa di negara atau daerah tertentu terdapat berbagai pemeluk agama yang hidup secara berdampingan. [fimadani]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Selain Syiah, Emilia Renita AZ Aktif Sebarkan Pluralisme Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah