728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 22 November 2014

Turki Akan Bangun Masjid di Setiap Universitas


MUHARRIKDAKWAH, Ankara -
Turki membangun 80 masjid di dalam kampus di seluruh negeri. Muncul kekhawatiran pemerintah Turki sedang memaksakan nilai-nilai Islam di universitas.

Mehmet Gormez, kepala Direktorat Urusan Agama (Diyanet), mengatakan pembangunan telah dimulai. "Sebanyak 15 masjid telah selesai dibangun, dan pada 2015 kami akan membangun 50 lagi," ujar Gormez kepada kantor beritaAnadolu.

Menurut Gormez, ada sekitar 20 juta generasi muda di Turki, dan Diyanet ingin menanamkan keislaman di kalangan anak muda di kampus-kampus.

"Kami ingin generasi muda memiliki kecerdasan spiritual dan akses ke masjid," lanjutnya. "Kami juga ingin menjadikan masjid tidak sekadar tempat ibadah, tapi tempat semua aktivitas keagamaan."

Jadi, katanya, tidak boleh ada lagi masjid yang hanya dibuka saat akan shalat berjamaah dan ditutup setelah shalat usai.

April 2013, Diyanet menjadi berita utama seluruh media di Turki ketika membangun sebuah masjid di Universitas Erzurum Ataturk. Sesuai namanya, masjid itu adalah benteng sekularisme Turki, terutama di bidang pendidikan.

Saat itu Gormez mengatakan masjid dan pendidikan tidak boleh dipisahkan, dan Diyanet berencana membangun masjid semua universitas.

Prof Dr Durmus Boztug, rektor Universitas Tunceli, mengatakan jika ada masjid harusnya ada pula cemevi di dalam kampus. Cemevi adalah tempat ibadah kelompok keagamaan Alevi Bektashi.

"Kami akan membangun cemevi di kampus kami," ujar Boztug. "Ini akan menjadi yang pertama di Turki." [inilahcom]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Turki Akan Bangun Masjid di Setiap Universitas Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah