728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 7 November 2014

Universitas Massey New Zealand Lirik Pertanian di NTB


MUHARRIKDAKWAH - Universitas Massey New Zealand menawarkan kerja sama pembangunan bidang pertanian dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya pengembangan pertanian di Kabupaten Lombok Utara dan Dompu.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Mataram, Prof Sunarpi seusai mendampingi pihak Universitas Massey New Zealand dipimpin Philip Hewitt bertemu Gubernur NTB TGH Zainul Majdi di Mataram, Jumat.

Dikatakan Sunarpi, bentuk kerja sama yang ditawarkan Universitas Massey kepada NTB, berupa bantuan penerapan peralatan teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas bidang pertanian.

"Jadi kerja sama NTB dengan Universitas Massey New Zealand ini dalam bentuk penerapan teknologi pertanian, sehingga meningkatkan produksi pertanian di kedua wilayah tersebut," katanya.

Massey University adalah salah satu universitas terbesar di New Zealand dengan jumlah mahasiswa lebih dari 36.000 orang. Universitas ini memiliki tiga kampus, yakni di Auckland, Palmerston North, dan Wellington.

Bahkan, universitas ini memiliki 30 institusi di bawah lima fakultas akademik, menawarkan lebih dari 200 jurusan bidang sains, desain, ilmu sosial, pendidikan, dan bisnis.

Kerja sama tersebut juga ditegaskan oleh Philip Hewitt.

Menurut dia, Kabupaten Lombok Utara dan Dompu memiliki potensi sektor pertanian dan peternakan yang cukup besar untuk dikembangkan. Oleh karena itu, pihaknya sangat tertarik untuk melakukan kerja sama.

"Kerja sama ini akan berjalan selama lima tahun dan dimulai pada 2015. Rencananya dimulai di dua kabupaten, yaitu Lombok Utara dan Dompu," katanya.

Bahkan, beberapa waktu lalu sebelum pertemuan dengan gubernur NTB, pihaknya telah meninjau potensi pertanian dan peternakan di KLU dan Dompu. Tim Universitas Massey bersama tim Universitas Mataram melakukan peninjauan sebagai dasar modal kerja sama yang akan dilakukan.

Untuk sementara waktu, program kerja sama ini akan diterapkan di KLU dan Dompu mulai 2015. Terkait hal ini, pihak Universitas Massey telah melakukan kesepakatan dengan kedua pemerintah daerah tersebut. Program kerjasama juga akan melibatkan Universitas Mataram.

"Selain kerja sama sektor pertanian, kami juga menawarkan kerja sama bidang peternakan," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH Zainul Majdi menyambut baik dan sangat mendukung rencana kerja sama tersebut. Karenanya, orang nomor satu di NTB itu, sangat mengapresiasi atas perhatian Univeritas Massey New Zealand terhadap pembangunan pertanian dan peternakan di daerah tersebut. Apalagi, sektor pertanian dan peternakan adalah salah satu sektor unggulan di daerah ini.

Karenanya, gubernur lulusan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, ini berharap kerja sama dengan Massey University ke depannya tidak hanya di bidang pertanian dan peternakan, tetapi diperluas ke bidang-bidang lainnya.


[Republika]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Universitas Massey New Zealand Lirik Pertanian di NTB Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah