728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 18 November 2014

Walikota Depok Minta “Revolusi Food Habit” Jadikan Aksi Nyata

Nur Mahmudi, Walikota Depok (Kanan) menandatangani deklarasi ketahanan dan kedaulatan pangan di UI, Depok, Senin, (17/11/2014). Foto : Fauzan
MUHARRIKDAKWAH - Indonesia mengalami evolusi proses makan. Dahulu sebelum kemerdekaan, Indonesia makan makanan yang beragam. Tak hanya nasi namun ada 77 jenis karbohidrat lainnya. Namun sekarang Indonesia menjadi rice adiccted,yakni makan nasi tiga kali sehari.

Hal itu disampaikan Nur Mahmudi Ismail, Walikota Depok dihadapan mahasiswa, TNI dan civitas akademika UI dalam deklarasi ketahanan dan kedaultan pangan di kampus UI Depok, Senin, (17/11/2014).

Ia menuturkan banyaknya pilihan karbohidrat ketika jaman perang, membuat Indonesia menang dalam perang. Oleh karena itu perlu revolusi food habit, yakni menggantikan nasi dengan karbohidrat yang lain.

“Namun bukan mie, roti, dan terigu. Karena itu pembunuh yang mengakibatkan diabetes,” kata Walikota yang mencanangkan One Day No Rice di kota Depok ini.

Nur Mahmudi menyarankan, sebaiknya masyarakat hanya makan nasi satu hari sekali. Selebihnya menggantikannya dengan karbohidrat yang lain seperti umbi-umbian.

“Mudahan TNI juga melakukan revolusi mindset food habit ini. Karena mengganti nasi tidak membuat mati kopasus,” jelasnya.

Selanjutnya Nur Mahmudi mengatakan, revolusi food habit ini sebaiknya jangan hanya dijadikan bahan seminar, namun menjadikannya aksi nyata. Selain itu, dengan makan selain nasi, dapat membuka lahan pekerjaan baru. Petani tidak hanya menggarap sawah, namun juga dapat menggarap ladang atau kebun yang luasnya 32 juta hektar lebih lahan yang masih bisa dimanfaatkan.

Dalam acara yang dihadiri musisi Iwan Fals ini, Nur Mahmudi menitipkan kepada Iwan Fals untuk membuat lagu soal revolusi food mind set. “Untuk bang Iwan Fals kalau bisa buat lagu tentang revolusi food mind set,” tutup Nur Mahmudi. [KabarKampus]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Walikota Depok Minta “Revolusi Food Habit” Jadikan Aksi Nyata Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah