728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 13 December 2014

Gatot Pujo Nugroho Raih Penghargaan Gubernur Inovatif Kategori Ekonomi Kreatif

Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan Gubernur Kreatif 2014 kategori Ekonomi Kreatif kepada Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Kamis (11/12) malam di Solo, Jateng. Foto: IST
MUHARRIKDAKWAH, Solo – Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho terpilih sebagai kepala daerah inovatif 2014 kategori Ekonomi Kreatif. Gatot dinilai berhasil mengintegrasikan industri kepala sawit dengan peternakan sapi dan energi di Sumut.

Penghargaan untuk Gubsu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo Kamis (11/12) malam di Solo, Jawa Tengah.

“Penghargaan tantangan bagi kami, baik di provinsi maupun kabupaten dan kota. Ini menjadi pemicu dan pemacu ke depan guna lebih baik lagi menata di Provinsi Sumatera Utara,” kata Gatot dalam sambutannya.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, Sumut memang merupakan daerah yang memiliki basis perkebunan yang besar. Karena itu, pihaknya sengaja mengembangkan industri hilir kelapa sawit yang terintegrasi dengan sapi dan energi terbarukan.

“Sebagai daerah yang identik dengan perkebunan, kami terus berupaya menjadikan perkebunan sebagai lokomotif perekonomian Sumatera Utara. Caranya dengan mendorong hilirisasi produk-produk turunan perkebunan dan mengintegrasikan lahan perkebunan dengan peternakan sehingga memberi nilai tambah,” ujar dia kepada wartawan.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan, di Sumut terdapat 2.000.149,24 hektare perkebunan, di mana 53,8 persen atau 1.076.017,72 ha merupakan perkebunan sawit. Pemerintah Provinsi mendorong integrasi peternakan dengan perkebunan kelapa sawit, di mana perkebunan dapat menjadi sumber pakan ternak. Program ini selain mendukung pencapaaian target swasembada daging juga dapat menjadi sumber energi, karena kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk energi biomassa.

Gatot mengemukakan, bersama 18 provinsi lainnya pihaknya tengah memperjuangkan dana bagi hasil perkebunan. Pemprovsu beserta DPRD Sumut sepakat untuk mengajukan judicial review terhadap Undang-undang No 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Sumut beserta beberapa provinsi lainnya akan menjadi pelopor mengajukan revisi ke Mahkamah Konstitusi agar sektor perkebunan dimasukkan dalam kegiatan ekonomi berbasis sumberdaya alam sebagaimana sektor perikanan dan kehutanan yang karakteristiknya sama-sama sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumut Terbanyak

Dari 19 kepala daerah di Indonesia yang menerima apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2014Sumut menjadi daerah yang paling banyak memeroleh apresiasi tersebut.

Tercatat, ada lima kepala daerah mulai dari Gubsu, Wali Kota Medan, Bupati Simalungun, Bupati Batu Bara, dan Bupati Asahan yang menerima penganugerahan. Jumlah ini mengalahkan Jawa Barat yang menempatkan empat Kepala Daerah Inovatif. [MUS/tajuk]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gatot Pujo Nugroho Raih Penghargaan Gubernur Inovatif Kategori Ekonomi Kreatif Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah