728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 13 December 2014

Ribuan Warga Palestina Antar Jenazah Mentri Palestina Ziad Abu Ein

Prosesi pemakaman Ziad Abu Ein di Tepi Barat, Palestina, Kamis (11/12). Foto: aljazeera
MUHARRIKDAKWAH, Ramallah – Ribuan warga Palestina berkumpul untuk berkabung atas meninggalnya Ziad Abu Ein, menteri Palestina yang meninggal akibat kekerasan tentara Israel dalam sebuah aksi unjuk rasa di Ramallah, Rabu (10/12). Abu Ein meninggal beberapa saat setelah didorong dan dicekik oleh tentara Israel.

Jenazah Abu Ein, Kamis (11/12) di dimakamkan di pemakaman El Bireh di Tepi Barat. Jenazah ayah dari empat anak ini sempat disemayamkan di Muqata, tempat peristirahatan presiden untuk dishalatkan.

Bendera Palestina dikibarkan setengah tiang , dan ayat-ayat Alquran mengalun dari speaker. Ratusan orang berkumpul di Muqata, membawa spanduk Fatah berwarna kuning dan gambar dari Abu Ein .

Presiden Palestina Mahmoud Abbas ikut dalam prosesi pemakaman Abu Ein.

Perdana Menteri Palestina Rami al-Hamdallah mengatakan, tentara Israel sengaja membunuh, pria 55 tahun yang memimpin komisi antidinding pemisah dan pemukiman itu.

Ehab Bseiso, juru bicara pemerintah, juga mengatakan, hasil otopsi yang dilakukan tim dokter Palestina, Yordania, dan Israel menunjukkan Abu Ein tidak mati secara alamiah.

"Kami terus meminta Israel bertanggung jawab penuh atas pembunuhan Abu Ein," kata Bseiso .

Dalam aksi protes pada hari meninggalnya Abu Ein tidak ada kekerasan yang dilakukan warga Palestina. Bahkan pelemparan batu pun tidak ada. Namun tentara menyerang dengan gas air mata. Dan saat itu tidak memungkinkan mengevakuasi Abu Ein ke rumah sakit dengan cepat.

Menteri Kesehatan Palestina Jawad Awad mengatakan otopsi, menunjukkan bukti memar di leher, seerangan di wajah, dan penyumbatan di arteri koroner .

Namun pihak berwenang Israel membantah klaim tersebut, mengatakan otopsi menunjukkan Abu Ein, yang juga seorang pejabat senior Fatah, memiliki penyakit kondisi jantung.

"Kematian Ziad Abu Ein disebabkan oleh penyumbatan arteri koroner (salah satu arteri yang memasok darah ke jantung) karena pendarahan di bawah lapisan plak aterosklerosis. Pendarahan bisa saja disebabkan oleh stres," bunyi laporan otopsi versi Israel .

Rabu malam, Abbas mengadakan pertemuan dengan anggota komite eksekutif PLO dan petinggi Fatah. Dia menyatakan semua opsi terbuka untuk didiskusikan dan dilaksanaan untuk merespon kematian Abu Ein.

Kepala Perunding Palestina Sa'eb Erekat mnyatakan, pertemuan lanjutan akan diadakan Jumat untuk membahas opsi-opsi yang akan diambil, di antaranya membawa masalah itu ke Mahkamah Pidana Internasional dan bergabung dengan badan-badan internasional.

"Netanyahu tidak bisa terus menerus menduduki dengan gratis," kata Erekat. "Ada sejumlah langkah penting harus diambil, termasuk meminta pertangungjawaban pemerintah Israel, termasuk penghentian sementara kerjasama keamanan.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengirimkan pesan melalui utusan pribadinya, Isaac Molcho, penting untuk menenangkan situasi dan bertindak secara bertanggung jawab.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon menyerukan Israel untuk melakukan investigasi yang cepat dan transparan atas kematian Abu Ein itu .

Menteri Luar Negeri Uni Eropa Fedirica Mogherini menegaskan, informasi tentang penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh pasukan keamanan Israel dalam menangani aksi protes menjadi perhatian serius. [HAS/tajuk]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ribuan Warga Palestina Antar Jenazah Mentri Palestina Ziad Abu Ein Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah