728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 23 January 2015

Agar Balita Gemar Membaca


MUHARRIKDAKWAH - Setiap orang tua tentu ingin anaknya berkembang baik. Apalagi dalam hal pengetahuan. Tidak heran kalau akhirnya banyak orang tua yang kadang terlalu dini mendaftarkan anaknya ke sekolah (PAUD misalnya). Harapannya agar anak cepat pintar membaca dan menulis. Akibatnya tidak jarang anak merasa tertekan karena keinginan orang tauanya.

Padahal sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan sendiri oleh orang tua, tanpa harus mendaftarkan anak ke sekolah. Pertama buat anak menyukai buku terlebih dulu sebelum belajar membaca. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin membacakan buku cerita kepada anak, atau minimal tunjukkan bahwa orang tua mempunyai hobi dan kebiasaan membaca. Selain itu, buat jadwal rutin berkunjung ke toko buku. Biarkan anak memilih sendiri buku apa yang dia inginkan selama sesuai dengan umurnya.

Kedua, Gunakan bahasa anak. Banyak orang tua yang gagal berkomunikasi kepada anak karena tidak menggunakan bahasa anak. Terlalu dewasa saat berkomunikasi dengan anak juga bukan hal yang baik. Cara yang bisa digunakan antara lain dengan bernyanyi, berpantun atau menggunakan permaian yang mereka sukai.

Ketiga, pilih buku yang tepat. Hal ini juga penting agar anak tidak terlalu berat saat mencerna bacaannya. Terkadang anak jadi malas membaca karena apa yang dibaca bukan hal yang ringan dan sering dia temui sehari-hari. Selain itu juga kesalahan orang tau yang kadang memilihkan buku yang banyak bacaan dibanding ilustrasinya.

Untuk balita 3-4 tahun Isi cerita sebaiknya berhubungan dengan kejadian sehari-hari dalam kehidupan anak, misalnya hari pertama sekolah atau adik baru. Pada rentang usia ini, isi cerita juga sebaiknya memperluas pengetahuan anak, misalnya cerita tentang anak-anak di negara lain. Buku yang berkaitan dengan emosi juga bisa bermanfaat, misalnya menghadapi teman yang nakal, dan lain-lain. Tapi, jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan minat anak agar buku yang dibeli membuatnya tertarik. Selain itu usahakan beli buku yang lebih banyak ilustrasinya, sehingga anak lebih tertarik

Untuk balita 4-5 tahun. Di usia ini anak membutuhkan buku yang bisa mengembangkan pemahaman terhadap kehidupan orang lain. Contoh: cerita tentang profesi polisi. Pilih buku dengan bahasa yang baik dan sederhana karena anak usia ini sudah mulai belajar bahasa yang baik dan benar. Cerita humor bisa jadi pilihan, atau cerita tentang kehidupan sahabat Nabi. [fimadani]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Agar Balita Gemar Membaca Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah