728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 23 January 2015

Ngotot Halangi Palestina Gabung ICC, Amerika Terlibat Kejahatan Perang di Gaza



Adil Syadid

MUHARRIKDAKWAH - Amerika sadar bahwa keberpihakannya kepada Israel terkait keputusan langkah Palestina bergabung menjadi negara anggota Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) akan diragukan oleh banyak pihak sebagai negara demokrasi dan pemimpin kebebasan. Wibawanya di dunia akan melemah, terutama di mata barat. Apalagi sikap paman Sam ini bukti dukungan terang-terangan terhadap “premanisme”, genosida, ekspansi pemukiman Yahudi, pendudukan wilayah, pembatasan kebebasan dan tekanan-tekanan dana, pilitik yang dilakukan penjajah Israel terhadap warga Palestina.

Amerika mengambil langkah ikut menghalangi Palestina bergabung dengan ICC karena sejumlah faktor. Sikap ngotot Amerika ini terutama karena ketakutannya jika kepentingannya terancam dan dalam bahaya jika Palestina jadi anggota ICC. Amerika takut monopolinya sebagai mediator perundingan antara Palestina dan ‘Israel’ akan dianggap gagal. Bagi AS, Palestina tidak boleh bergabung ke ICC tanpa melalui dirinya atau tanpa melalui perundingan. Bagi mereka, Palestina tetap dalam sandera mediator satu-satunya dan langsung melalui AS yang berdiri membela sikap ‘Israel’ apapun yang dilakukan. Belum ada presiden perubahan sikap di masa mendatang.

Selain itu, Amerika juga sadar bila, ICC setuju melakukan pemeriksaan awal atas kejahatan ‘Israel’ yang terakhir di Jalur Gaza, bisa jadi Amerika juga terkena pemeriksaan dan warga Negara mereka yang ikut dalam agresi ke Jalur Gaza, dimana paman Sam harus mengadili warganya sendiri. Keterlibatan warga asing dalam agresi ke Gaza menjadi pelanggaran hukum dan kejahatan perang sesuai dengan hukum internasional. Jika Amerika harus terpaksa mengadili mereka dan mereka banyak, maka ini akan menciptakan masalah internal tersendiri, jika warga Amerika diadili di mahkamah internasional.

‘Israel’ sendiri secara sengaja dalam perangnya melibatkan pasukan ‘Israel’ yang berkewarganegaraan lain selain ‘Israel’ agar Negara mereka terlibat dan memecah mereka dengan bangsa Palestina. Amerika juga sadar bahwa pembukaan pangkalan militernya dan gudang senjatanya di ‘Israel’ yang dikendalikan penggunaannya penuh oleh militer ‘Israel’ dalam agresi Gaza adalah salah satu bentuk kejahatan perang lainnya. Amerika akan dimintai pertaanggungjawaban dan akan dikejar oleh pengadilan.

Banyak factor, di antaranya bersifat internal Amerika dan kebutuhan Barack Obama untuk mengesahkan undang-undang di Kongres, dimana anggota Kongres diminta menyetujui pemerintah Amerika lebih membela ‘Israel’ dalam menghadapi Palestina yang ingin bergabung dengan ICC. Sebab Amerika sebenarnya juga membela diri sendiri dan bertanggungjawab atas warganya, seperti halnya ‘Israel’. Sebab Amerika. bersama ‘Israel’terlibat dalam kejahatan di Jalur Gaza secara khusus dan rakyat Palestina secara umum, memberikan dukungan dan legitimasi politik kepada ‘Israel’ dan dukungan militer dan ekonomi. Selama puluhan dekade, Amerika juga melibatkan warganya dalam kejahatan perang terhadap rakyat Palestina. [at/infopalestina.com]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ngotot Halangi Palestina Gabung ICC, Amerika Terlibat Kejahatan Perang di Gaza Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah