728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 21 February 2015

12 Manfaat Shadaqah di Dunia dan Akhirat

MUHARRIKDAKWAH - Shadaqah atau sedekah adalah memberikan sebagaian harta dengan mengharap ridha dari Allah sebagai bukti ketaqwaan seorang muslim. Sedekah ternyata punya banyak manfaat, antara lain:

1. Merupakan amalan yang utama. Umar bin Al Khathab pernah berkata,“Sesungguhnya amalan-amalan itu saling membanggakan diri sama lainnya, maka sedekahpun berkata (kepada amalan-amalan lainnya) akulah paling utama diantara kalian.”

2. Menjauhkan dari bencana. Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah mengatakan, “Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara sedekah tersebut….” Hal ini sejalan dengan cerita seekor burung yang meminta perlindungan Nabi Sulaiman untuk melindungi sarangnya dari manusia. Kemudian Nabi memerintahkan Jin Ifrid untuk menjaga keluarga burung tersebut. Namun pada suatu hari ada seorang manusia mengambil sarang burung tersebut. Mengadulah burung tersebut kepada Nabi. Nabi murka dan memanggil Jin Ifrid. Jin Ifrid menjelaskan bahwa ia telah berusaha menghalangi manusia tersebut namun manusia tersebut diselamatkan oleh Allah. Karena satu hari sebelumnya ia bersedekah.

3. Berlipat ganda pahalanya. Allah menjanjikan, “Perumpamaan (infak yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir yang menunbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulirnya seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahu.” (QS. Al-Baqarah: 261)Suatu hari, seorang lelaki datang menemui Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sambil menuntun unta. Ia berkata, ”Ya Rasulullah, unta ini saya infakkan di jalan Allah.” Beliau berkata, ”Pada hari Kiamat kelak engkau akan mendapatkan 700 unta seperti ini.”

4. Dapat menghapus dosa dan kesalahan. Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api.”

5. Menjadikan harta terus berkembang. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, ”Katakanlah ,’Sesungguhnya Rabb-Ku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rizki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

6. Melapangkan jalan ke surga. “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”(QS. Ali Imran: 1333-134)

7. Bukti keimanan. Rasulullah bersabda, ”Sedekah adalah menjadi burhan(bukti).” (HR Muslim)

8. Membawa keberuntungan. Allah berfirman, “Dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.”(QS. Al Hasyr: 9)

9. Mendapat naungan di Padang Masyar. Rasulullah bersabda, “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara diantara manusia.”

10. Pahalanya mengalir terus. Rasulullah bersabda, ”Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri setiap mukmin sepeninggalnya—beliau menyebutkan diantaranya–,(yakni) musyaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya.”

11. Menyembuhkan penyakit. Rasulullah bersabda,”Obatilah penyakitmu dengan sedekah.”

12. Memanjangkan umur. Rasulullah bersabda, ”Perbanyaklah sedekah. Sebab sedekah bisa memanjangkan umur.”

Oleh: Della Herawati, S.Pd.I.
Guru di Gunung Kidul, Yogyakarta.


Sumber: fimidani
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 12 Manfaat Shadaqah di Dunia dan Akhirat Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah