728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 11 February 2015

Aher: Warga Jawa Barat Lebih Bahagia dari Singapura


MUHARRIKDAKWAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan warganya lebih bahagia ketimbang bangsa Singapura. Hal itu terlihat dari indeks kebahagiaan.

Indeks kebahagiaan Bangsa Indonesia berada di peringkat tujuh sementara Singapura diatas 60.

"Kita dengan singapura IPM (Indeks Prestasi Manusia) lebih kecil. Tapi Indeks kebahagiannya kita lebih besar. Sehingga urusan kebahagian kita lebih unggul," tutur Heryawan kepada wartawan, Selasa (10/2/2015).

Menurut dia, seseorang merasa bahagia dalam kehidupan terjadi karena beberapa faktor. Kebahagian itu tidak melulu menuturkan indeks ekonomi.

Selain Singapura, pria yang akrab disapa Aher ini mencontohkan Korea Selatan. Secara ekonomi negara tersebut lebih maju daripada negara Indonesia.

"IPM Korea Selatan itu nomor 2. Di dunia tapi indeks kebahagiannya masih dibawah kita," ucap dia.

Aher menyatakan sebetulnya langkah budaya. Cara pandang masyarakat Indonesia masih menilai kehidupan didunia itu merupakan hal yang normal. Mereka menilai secara agama meyakni hidup yang hakiki di akhirat nanti.

"Berarti memenangkan apapun keadaan di dunia itu tidak dimasalahkan. Mereka masih berpikir akhirat. Kalau secara ekonomi bagus kebahagiannya bagus, itu lebih baik lagi. Belum sejahtera pun keyakinan akhirat sangat menentramkan," ujar Aher.

Dengan begitu, masyarakat tetap berusaha mensejahterakan diri di dunia. Namun, jika tidak tercapai masih ada harapan sejahtera di akhirat.

"Selain faktor ekonomi dan budaya, faktor sosial menjadi indeks kebahagian meningkat. Di Jabar sendiri budaya ramah tamah masih kental sehingga mengurangi stres akibat masalah hidup.

"Kita pagi ketemu dengan tetangga, pagi ketemu dengan anak-anak. Anak-anak dicium sebelum berangkat sekolah itu juga faktor kebahagian. Termasuk persib menang. Coba orang jabar bararungah persib juara mah. Itu menjadi faktor juga," kata dia.

Aher menceritakan ada sebuah kota di Amerika yakni Roseta. Disana, lanjut Aher, hampir tidak ada orang meninggal akibat penyakit jantung, semua meninggal rata-rata karena tua.

"Ketika diteulsuri yang membuat mereka seperti itu adalah indeks kebahagiannya tinggi. Sebab komunikasi sosial sangat lekat. Pagi makan bareng, sore main musik. itu karena silaturahmi," imbuhnya.

Kedepan, orang nomor satu di Jabar ini akan mengembangkan komunikasi sosial. Pihaknya akan kembali memperbanyak keberadaan warung kopi sehingga komunikasi antara masyarakat berjalan dengan baik.

"Nanti kita dorong jawa barat ada warung kopi, ada kedai-kedai. Saya minta ke media ada ekspos warung-warung kopi. Kafe itu rada elit. Saya khawatir orang biasa tidak bisa masuk situ. Kopi yang disediakan itu kopi khas jawa barat," demikian Aher. [inilahcom]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Aher: Warga Jawa Barat Lebih Bahagia dari Singapura Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah