728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 11 February 2015

Akademisi Nilai Megawati Tersudut Dinamika Politik


MUHARRIKDAKWAH, Jakarta - Dosen Politik FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Haryadi mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tersudutkan dengan dinamika hukum dan politik yang terjadi belakangan ini.

"Megawati dalam kondisi seperti ini lebih sering tersudutkan. Akhirnya, musuh-musuh politik tidak pernah peduli terhadap Megawati yang berupaya untuk mengintegrasikan hukum dan moralitas publik di negeri ini," kata Haryadi kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (10/2).

Menurut dia, publik perlu peduli terhadap prosedur dan substansi politik penegakan hukum terkait perseteruan antara Polri dan KPK yang belum kunjung selesai.

Haryadi mengatakan, saat ini yang berkembang adalah cara pandang yang salah tentang prosedur hukum dan substansi politik.

"Antara prosedur dan substansi politik hukum dengan moralitas publik bukanlah sesuatu yang terpisah," ujarnya.

Padahal, menurut dia, prinsip moralitas publik harus menjadi acuan nilai dalam penyusunan konstitusi dan atau penyusunan prosedur dan substansi politik hukum negara-bangsa.

Sejatinya, kata Haryadi, prinsip moralitas publik memuat setidaknya tiga elemen, yaitu pertanggungjawaban publik, mencegah penyalahgunaan kewenangan untuk kepentingan diri atau kelompok, dan mereduksi derita publik.

Saat ini, kata Haryadi, publik masih memosisikan Megawati dalam ruang masa lalu dengan Komjen Pol Budi Gunawan yang pernah menjadi ajudannya. Maka persepsi konflik KPK versus Polri kemudian dikait-kaitkan dengan Megawati, padahal tidak ada kaitannya.

"Dalam kondisi seperti ini sebenarnya kita harus mengapresiasi Megawati yang berusaha mengintegrasikan antara hukum dan moralitas publik tersebut," ucapnya. [tar/inilahcom] 

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Akademisi Nilai Megawati Tersudut Dinamika Politik Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah