728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Saturday, 21 February 2015

Anak Autis di Gaza Mampu Hafal Al-Qur'an 30 Juz dan Sembuh dari Penyakitnya

MUHARRIKDAKWAH, Gaza - Seorang bocah Palestina yang mempunyai kelainan “autis” mampu menghafalkan Al-Qur’an lengkap 30 juz.

Nadwah Abdul Ali spesialis pendidik anak-anak berkebutuhan khusus di Gaza mengatakan, Kholid Abu Musa (10 tahun) yang sedang berada dalam pengasuhanya mampu menghafalkan Al-Qur’an semuanya dalam tempo satu tahun saja. Padahal ia mengalami gangguan mental autis.

Ia mengatakan, salah satu cara menghafalkanya adalah dengan memperdengarkan bacaan Al-Qur’an di depan anak ini. Kemudian ia mengulanginya beberapa kali, hingga ia dapat menghafal;nya semua surat di dalam Al-Qur’an tersebut.

Dalam perbincanganya dengan korenponden Andhol, Nadwah mengatakan, Kholid Abu Musa, walau ia anak autis namun punya kemampuan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Ia juga menyarankan kepada teman-temanya sesama pendidik autis jangan putus asa mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti autis ini. Tinggalkan kelemahan yang menimpa anak tersebut seperti lemahnya dalam merespon kontak mata atau gerakan. Seperti Kholid yang mengalami gangguan dalam merespon kontak sosial atau orang-orang yang berada di sekelilingnya. Maka mulailah dengan meningkatkan salah satu kemampuan yang ada dalam dirinya. Seperti Kholid yang memiliki kemampuan cepat menghafal. Maka ajarkanlah untuk menghafalkan al-Qur’an dan sebagian besar nasyid-nasyid. Akhirnya ia juga bisa belajar untuk menulis dan membaca, hal mana sangat sulit diajarkan pada anak-anak seperti dia, bahkan dianggap sebagai suatu yang mustahil.

Sebelumnya, Kholid mempunyai kesulitan dalam kontak sosial, tapi sekarang ia sudah bisa bermain-main dengan temannya, bahkan bisa berbicara dengan mereka. Autisme adalah gangguan otak yang sering membuat penderita sulit untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Pada autisme, beberapa wilayah otak gagal bekerja sama.

Kebanyakan penderita autisme akan selalu memiliki masalah untuk berhubungan dengan orang lain, baik secara verbal maupun non verbal. Biasanya autis sudah nampak sebelum anak berusia tiga tahun. Penyakit ini mempengaruhi pada perkembangan seorang anak, biasanya pada tiga hal, yaitu bahasa, bicara dan kemampuan sosialnya. Ia juga mengalami kesulitan merespon keadaan sekitar. Ia tak bisa berinteraksi dengan dengan yang lain. Hingga saat ini belum ada obat khusus untuk menangani penyakit autis ini. Biasanya ia akan terbiasa menyendiri dan fokus dada salah satu saja.

Anak autis sangat sulit menyampaikan keinginananya kepada orang-orang sekelilingnya. Kadang ia berusaha untuk menyampaikan keinginanya kepada orang sekelilingnya, namun kebanyakan gagal. Ia juga tak bisa menggunakan bahasa yang sesuai untuk menunjukan keinginanya. Ia juga biasanya gagal menggunakan bahasa alternatif seperti gerakan atau isyarat. Baik isyarat badan, tangan maupun wajah. Akhirnya ia banyak menyendiri dan terpuruk serta terisolasi. [asy/Infopalestina.com]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Anak Autis di Gaza Mampu Hafal Al-Qur'an 30 Juz dan Sembuh dari Penyakitnya Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah