728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Wednesday, 18 February 2015

Rakyat Tolak Mutlak Pembelian Gaz Zionis Senilai 1,2 Milyar Dolar

MUHARRIKDAKWAH, Ramallah - Para aktivis Palestina yang mewakili lembaga pemerintah dan rakyat menyatakan menolak mutlak pembelian gas Zionis selama 20 tahun senilai 1,2 milyar dolar.

Sekitar setahun lalu, perwakilan sektor swasta Palestina dan Zionis bersama Kepala Otoritas Energi Otoritas Palesetina Umar Kinanah, telah menandatangani perjanjian awal untuk pembelian gas Zionis selama 20 tahun, total nilai perjanjian mencapai 1,2 milyar dolar.

Dalam pernyataan bersama hari Selasa (17/2) para aktivis Palestina menegaskan tidak ada lagi Palestina mengekor kepada “Israel”. Mereka menyerukan untuk mengeksplorasi sendiri gas dari ladang Palestina dan dimanfaatkan dalam sekala lokal.

Anggota Komite Sentral Gerakan Fatah, Abbas Zaki mengatakan, “Tidak lagis sekelompok orang oportunis menjadi calo dan melakukan perjanjian impor gas penjajah Zionis. Ini merupakan kesalahan nasional dan strategis. Kita harus menjadi pengaman dan penjaga isu Palestina.”

Zaki menegaskan, perjanjian gas yang ditandangani antara perwakilan sektor swasta Palestina dan wakil pemerintah Otoritas Palestina dengan para tokoh Zionis tahun lalu, itu akan memberi legalitas kepada penjajah Zionis untuk lebih mengendalikan ekonomi Palestina.

Sementara itu koordinator umum gerakan boikot Israel mengatakan, ada kerjasama antara koordinator gerakan di Palestina dan Yordania untuk melakukan kampanye menolak perpanjian gas Israel-Palestina dan Israel-Yordania.

Ketua Aliansi untuk Transparansi, Azmi Syu’aibi menegaskan bahwa pemerintah Otoritas Palestina telah menolak memberi teks perpanjajian awal kepada lembaganya, dengan dalih perjanjian tersebut adalah hubungan ekonomi antara lembaga sektor swasta Palestina dan Zionis.

Namun belakangan diketahui bahwa pemerintah Palestina mernjadi pihak utama dalam perjanjian ini melalui dana investasi palestina, yang merupakan lembaga semi pemerintah dan bekerja dengan menggunakan dana warga Palestina.

Para peserta merekomendasikan pentingnya mencari alternatif lain untuk mengimpor gas dan bahan bakar, bukan melalui penjajah Zionis, seperti Qatar, Turki dan Veneszwela. [asw/infopalestina.com]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Rakyat Tolak Mutlak Pembelian Gaz Zionis Senilai 1,2 Milyar Dolar Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah