728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Sunday, 22 March 2015

Aksi Cepat Tanggap Distribusikan Selimut ke Suriah

MUHARRIKDAKWAH, Damaskus - Hari-hari ini, keluarga Suriah masih berjuang melawan buruknya cuaca. Mereka ‘berperang’ melawan dingin, bersenjatakan tenda seadanya dan keyakinan sepenuhnya bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan mereka. Tanggal 15 Maret lalu, tepat menjadi penanda 4 tahun keluarga-keluarga di Suriah terusir dari rumah mereka sendiri. Perang saudara di salah satu negeri semenanjung Syam ini telah mencerai-beraikan seluruh elemen bangsa di negerinya sendiri.

Hingga tahun ke-5 masa konflik kini, hampir dari setengah populasi penduduk Suriah (8 juta jiwa), harus keluar dari rumah bahkan kota kelahiran mereka untuk mencari tempat yang lebih aman dari kecamuk perang. Sekitar 4 juta jiwa terpaksa menyingkir keluar negeri, berlindung ke negara-negara tetangga di sekitar Suriah. Dua ratus ribu orang meninggal dalam tragedi berkepanjangan ini.

Yang selamat dari amuk konflik tak berarti juga aman dari keadaan. Musuh mereka bukan hanya rasa takut dan keterancaman, tapi juga kondisi cuaca yang kini tengah hebat melanda hebat kawasan. Musim dingin dengan suhu terburuk mencapai -3o celcius masih menyelimuti. Jangankan membeli baju hangat dan selimut, untuk makan saja mereka terpaksa menanti uluran tangan yang peduli.

Cinta memang tidak mengenal jarak dan tempat. Hati mulia para pejuang Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) di Indonesia membuktikannya. Atas donasi dari rakyat Indonesia, yang sebagian besarnya dihimpun oleh para pejuang FSLDK, 1.433 keluarga pengungsi Suriah tak lagi kedinginan.

Meneruskan donasi FSLDK itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dibantu IHH (İnsan Hak ve Hürriyetleri) mitra NGO dari Turki, sejak 22 Januari hingga 6 Maret lalu, menjalankan program bantuan bertajuk “Winter Aid” untuk membantu saudara-saudara di Suriah dengan mendistribusikan 1.433 selimut di sejumlah pos-pos pengungsian di Suriah.

Distribusi selimut berukuran 190x220cm itu dilakukan di berbagai daerah di Suriah, diantaranya di Khan Al Asal dan Kafarnaha, Aleppo; Abu Ad Dhuhur, Saraqib, Bidama, dan Alkastana, kota Idlib; dan Qaalat Al Madeek, di provinsi Hama. Distribusi bantuan dari rakyat Indonesia ini alhamdulillah mampu menerbitkan senyum dan raut berseri-seri saudara-saudara di pengungsian.

Semoga bantuan selimut dan cinta yang ada di dalamnya mampu menghangatkan tubuh serta hati mereka. [Munady/pikiran-rakyat]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Aksi Cepat Tanggap Distribusikan Selimut ke Suriah Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah