728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Tuesday, 24 March 2015

Berkah Jika Tak Tidur Setelah Salat Subuh

MUHARRIKDAKWAH - Sehabis salat subuh baiknya tidur lagi atau melakukan aktivitas yang lain ya? Nah pertanyaan itu sering saja hinggap dipikiran kita, apalagi jika ada hari libur, rasanya kita ingin istirahat yang banyak dengan tidur di jam yang banyak pula. Lantas apa yang bisa kita lakukan, jika kita tidak tidur lagi setelah salat subuh.

Tentu banyak hal yang dapat kita lakukan setelah salat subuh, seperti membaca Al-Quran, berdzikir, menikmati teduhnya udara pagi dan hangatnya sinar mentari, serta aktivitas yang bisa kita lakukan di luar rumah, contoh saja berolah raga.

Disamping itu pula, kita bisa bersiap diri untuk bekerja, sehingga semangat kita dapat tumbuh dengan sigap untuk menjalankan semua aktivitas yang akan kita lakukan.

Menurut Imam Ibnu Qayyim dalam kitabnya Zaadul Ma,aad, bahwasannya orang yang tidur dipagi hari akan menghalanginya dari mendapatkan rejeki. Karena waktu subuh adalah waktu di mana makhluk mencari rejekinya, dan pada waktu tersebut Allah membagi rejeki para makhluk.

Dan beliau mengutip dari Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu bahwasannya dia melihat anaknya tidur di waktu pagi maka ia berkata kepada anaknya ‘bangunlah engkau! Apakah kamu akan tidur sementara waktu pagi adalah waktu pembagian rejeki?

Kemudian, ada sebuah amalan yang sangat besar fadhilahnya apabila dilakukan seseorang dalam rangka memanfaatkan waktu di pagi hari ini. Hal ini dapat kita ketahui dari sebuah hadits, yakni dari Anas bin Malik r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

“Barangsiapa shalat fajar (salat subuh) berjamaah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu shalat dua rakaat (salat dhuha), maka seakan-akan ia mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR. Tirmidzi).

Subhanallah..! Begitu besar pahala orang-orang yang melakukan hal sesuai sabda di atas. Diantara kalian semua, ada tidak yang ingin mendapatkan pahala tersebut? Jika ada, marilah bersama-sama kita memanfaatkan waktu setelah subuh untuk mendapatkan pahala, semangat pagi, pola pikir positif dan juga hidup sehat agar kita senantiasa menjadi makhluk Allah yang dapat selalu merasakan nikmat yang beliau berikan kepada kita semua.

Gunakanlah waktu kita dengan baik, menjaga apa yang telah diamanahkan dan buatlah waktu kita di setiap harinya bermakna, Allah membuat pagi, siang dan malam agar kita bisa tau dan dapat membagi aktivitas yang kita lakukan di dunia, contoh saja seperti beribadah dan bekerja.

Sesuai Sabda Allah swt dalam surat Al-Furqan: 47 "dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha."

Jadi, sudah taukan berkah apa yang bisa kita dapat jika kita tidak tidur lagi setelah salat subuh. Maka mulailah biasakan diri kita untuk melakukan hal itu.***[dakta]
  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Berkah Jika Tak Tidur Setelah Salat Subuh Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah