728x90 AdSpace

Link Banner
Latest News
Powered by Blogger.
Friday, 6 March 2015

Erdogan: ISIS Berusaha Membumihanguskan Produk Peradaban dan Kebudayaan Islam

MUHARRIKDAKWAH - Presiden Turki, Rajab Tayyeb Erdogan menjelaskan bahwa ISIS yang sedang bergerak di Suriah dan Irak berusaha untuk membumihanguskan produk budaya dan peradaban Islam dengan membakar lebih dari 8000 buku dan manuskrip berharga di dalam perpustakaan Mosul-Irak, sebagaimana yang pernah terjadi sebelumnya di kota Timbuktu-Mali. Seperti dilansir portal anadolu, Rabu (4/03).

Erdogan mengatakan, “Perdaban kita, meski terluka dan pada masa lalu senantiasa ingin dibumihanguskan dan dimusnahkan, namun sukses bertahan hidup”.

Hal ini disampaikan pada acara pembukaan pameran kesenian tradisional yang berjudul ‘Dari Kata Menuju Pena” di Istanbul, di mana Erdogan menyampaikan bahwa “peradaban Islam berperan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, pendidikan, buku, dan yang paling penting lagi adalah perpustakaan. Peradaban Islam adalah peradaban ilmu pengetahuan, sains, dan buku-buku”.

Presiden Turki mengingatkan bahwa pasukan Mongolia dibawah pimpinan Hulagu juga pernah membakar 36 perpustakaan besar di Ibu Kota Khilafah Abasiyyah-Baghdad, dan selanjutnya pemusnahan perpustakaan-perpustakaan Islam di Andalusia yang dibakar habis oleh kardinal Spanyol saat itu, dan “sekarang ISIS melakukan hal yang sama di Suriah dan Irak, dan berupaya untuk menghancurkan peradaban dan kebudayaan kita, dan akar kita”.

Pada kesempatan yang sama, Erdogan mengumumkan pembangunan museum raksasa yang berisikan peninggalan-peninggalan Islam, dan Erdogan juga mengumumkan penyelesaian persiapan proyek pembangunan perpustakaan yang berisikan 5 juta buku dengan aneka ragam topik. [fimadani]

  • Komentar Google
  • Komentar Facebook

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Erdogan: ISIS Berusaha Membumihanguskan Produk Peradaban dan Kebudayaan Islam Rating: 5 Reviewed By: Muharrik Dakwah